56 Jamaah Haji Pesisir Selatan Dapat Buku Panduan Usai Manasik

Ahad , 29 May 2022, 20:23 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Ani Nursalikah
Ilustrasi manasik haji. 56 Jamaah Haji Pesisir Selatan Dapat Buku Panduan Usai Manasik
Ilustrasi manasik haji. 56 Jamaah Haji Pesisir Selatan Dapat Buku Panduan Usai Manasik

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 56 jamaah haji asal Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat telah mengikuti manasik haji. Mereka mendapat bimbingan dan pembekalan sebagai kesiapan menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

 

Terkait

Agar semakin memantapkan kesiapan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesisir Selatan Abrar Munanda membagikan buku panduan perjalanan ibadah haji kepada tiap jamaah.

Baca Juga

Buku tersebut dibagikan secara gratis kepada seluruh jamaah di Masjid Islamic Center Sago, dalam kegiatan penutupan manasik haji tingkat kabupaten, Sabtu (28/5/2022).

Buku panduan tersebut merupakan karya Abrar Munanda, yang sengaja dibuat untuk menambah pengetahuan jamaah seputar pelaksanaan haji. Panduan tersebut dijelaskan mulai dari jadwal keberangkatan sampai tiba dan melaksanakan ibadah di Makkah.

"Alhamdulillah, jamaah dari Pesisir Selatan kita berikan buku panduan gratis. Mudah-mudahan bermanfaat dan menjadi haji yang mabrur," katanya dalam keterangan yang didapat Republika, Ahad (29/5/2022).

Selain mendapat buku panduan, 56 jamaah haji Pesisir Selatan yang terdiri dari 25 laki-laki dan 31 perempuan tersebut juga mendapatkan kacu dan payung dari kantor Kemenag setempat. "Tak hanya itu, mereka sekaligus menerima tas koper yang telah disediakan oleh pihak maskapai Garuda," lanjut Abrar.

Secara simbolis, ia juga memakaikan kacu kepada salah seorang jamaah haji. Adapun fungsi kacu tersebut nantinya sebagai tanda pengenal jamaah

Barang-barang tersebut, khususnya payung, diberikan kepada jamaah mengingat musim haji tahun ini dilakukan saat musim panas. Berdasarkan informasi yang didapat, suhu di Tanah Suci nantinya berkisar antara 28-50 derajat celsius.

Abrar lantas menyampaikan harapannya agar payung dan barang-barang lainnya yang diberikan kepada jamaah bisa berguna dan bermanfaat, selama mereka melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci. Selama masa perjalanan haji, ia juga memberikan pesan kepada jamaah haji untuk tetap memperbanyak rasa sabar serta melakukan zikir, tilawah dan doa.

Salah seorang jamaah haji asal Kecamatan Batangkapas, Dongrizal, mengucapkan terima kasih atas segala ilmu yang diberikan, termasuk buku panduan tersebut. Menurutnya, buku itu merupakan pedoman bagi dirinya dan istrinya, untuk mengetahui perjalanan haji mulai dari berangkat sampai tuntas menunaikan ibadah haji.

"Kami sangat berterima kasih dengan buku panduan yang diberikan Kepala Kantor Kemenag Pesisir Selatan, mudah-mudahan segala kebaikan beliau akan dibalas oleh Allah SWT," katanya.

Pada 7 Juni nanti jamaah haji akan dilepas secara resmi oleh pemerintah daerah untuk menuju Embarkasi Haji Padang. Sehari setelahnya, jamaah akan bertolak ke tanah suci dengan pesawat Garuda Boeing 777 pukul 19.15 WIB dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Bersama jamaah lainnya, mereka diperkirakan sampai pukul 23.35 Waktu Arab Saudi, atau kurang lebih dengan lama masa perjalanan 8,5 jam hingga 9 jam. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini