Arab Saudi Gelontorkan 100 Juta Dolar Latih 100 Ribu Anak Muda di Sektor Pariwisata

Kamis , 09 Jun 2022, 21:54 WIB Reporter :Meiliza Laveda/ Redaktur : Ani Nursalikah
Keindahan Desa Wisata Rijal Almaa di Arab Saudi. Arab Saudi Gelontorkan 100 Juta Dolar Latih 100 Ribu Anak Muda di Sektor Pariwisata
Keindahan Desa Wisata Rijal Almaa di Arab Saudi. Arab Saudi Gelontorkan 100 Juta Dolar Latih 100 Ribu Anak Muda di Sektor Pariwisata

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Kementerian Pariwisata Arab Saudi pada Selasa meluncurkan program baru untuk membekali 100 ribu pemuda Saudi dengan keterampilan perhotelan utama. Keterampilan ini dibutuhkan untuk mengejar karier di industri pariwisata Kerajaan.

 

Terkait

Program yang mencakup investasi senilai 100 juta dolar AS dan diluncurkan oleh Menteri Pariwisata Ahmed Al-Khateeb pada sesi ke-116 Dewan Eksekutif Organisasi Pariwisata Dunia di Jeddah, Tourism Trailblazers. Program itu bertujuan melatih 100 ribu orang Saudi pada 2022 yang dimulai pada akhir 2020. Al-Khateeb mengatakan sangat penting bagi pemerintah untuk berinvestasi pada generasi muda.

Baca Juga

Dengan menciptakan tenaga kerja yang terampil dan berbakat, akan mendukung sektor pariwisata secara regional dan global yang menjadi kunci mewujudkan Visi 2030. “Program ini menunjukkan komitmen kami untuk memberdayakan kaum muda dengan memberi mereka keterampilan, dukungan, dan peluang yang tepat untuk membentuk masa depan industri pariwisata,” kata Al-Khateeb, dikutip Saudi Gazette, Kamis (9/6/2022).

Lewat program ini, pemerintah berusaha menyebarkan budaya profesionalisme, membantu para profesional yang baru lahir mendapatkan pengetahuan dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk masuk ke industri, dan mendukung kesuksesan mereka melalui penyempurnaan keterampilan mereka. Selain itu, program juga akan membantu peserta pelatihan untuk mendapatkan pekerjaan di sektor ini, termasuk peluang musiman, paruh waktu, atau penuh waktu di seluruh Kerajaan.

Al-Khateeb menekankan program ini dan inisiatif lainnya diarahkan untuk mewujudkan Strategi Pariwisata Nasional dan target Visi Saudi 2030, termasuk penciptaan satu juta pekerjaan baru di bidang pariwisata pada tahun 2030. Deputi Menteri Sumber Daya Manusia Mohammed Bushnag mengatakan investasi keuangan sebesar ini menunjukkan tekad pemerintah untuk membekali kaum muda dengan alat yang mereka butuhkan.

Tiga perempat warga Saudi sekarang menganggap industri pariwisata sebagai pilihan karir yang layak. “Mendukung impian Perintis Pariwisata kami dan memungkinkan mereka melanjutkan pendidikan di sekolah global terbaik, sangat penting karena kami terus muncul sebagai pemain global di sektor ini,” ujarnya.

Peserta dalam program ini akan mendapatkan manfaat dari beasiswa pelatihan di lembaga global terkemuka di Prancis, Spanyol, Swiss, Inggris, Australia, dan Italia. Aplikasi akan diterima tidak hanya dari lulusan baru, tetapi juga dari pemuda Saudi yang sudah bekerja di industri dan mereka yang bercita-cita untuk memulai karier di bidang pariwisata, perhotelan, kuliner, layanan, dan penjualan.

https://saudigazette.com.sa/article/621519/SAUDI-ARABIA/Saudi-Arabia-to-invest-$100mn-for-training-100000-youths-on-tourism-jobs

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini