Senin 13 Jun 2022 13:31 WIB

Mengenal Sosok Habib Abdullah Al Haddad

Habib Abdullah Al Haddad, sorang ulama besar yang 'alim

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Ulama sangat berperan dalam pembinaan umatnya (Ilustrasi)
Foto:

Habib Hasan Al Muhdhor mengatakan ketika berusia empat tahun Habib Abdullah Al Haddad terkena penyakit yang membuatnya tidak bisa melihat. Hal itu membuat Syarifah Salma bersedih. Ibunda Habib Abdullah Al Haddad adalah wanita yang sangat saleh dan memiliki hubungan batin yang kuat dengan Habib Abdullah Al Idrus Al Akbar. Ia pun lantas berziarah ke makam Habib Abdullah Al Idrus Al Akbar. Ketika berziarah itu Syarifah Salma mendapatkan bisyaroh bahwa anaknya yakni Habib Abdullah Al Haddad akan menjadi orang besar.  

Mata batin Habib Abdullah Al Haddad

Habib Hasan Al Muhdhor mengatakan Habib Abdullah Al Haddad diberikan pemahaman dan daya hafal yang istimewa oleh Allah SWT. Namanya begitu besar dan dikenal orang di berbagai negeri. Bahkan menurut Habib Hasan, ratibul haddad telah dibaca orang-orang di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi ketika Habib Abdullah Al Haddad masih hidup.   

"Masih hidup beliau, ratibnya sudah dibaca.Artinya nama beliau sudah harum di Makkah dan di Madinah sehingga Masjidil Haram baca ratibul haddad, Masjid Nabawi baca ratibul haddad," kata Habib Hasan Al Muhdhor. 

Habib Abdullah Al Haddad menjalani hidup penuh kesederhanaan di sebuah rumah yang kecil. Meski secara zahir tidak bisa melihat, namun Habib Abdullah Al Haddad memiliki mata batin yang sangat jelas. Habib Hasan menceritakan, pada satu waktu ada seseorang datang dari tempat yang jauh untuk menemui Habib Abdullah Al Haddad. Sesampainya di rumah Habib Abdullah Al Haddad orang tersebut melihat banyak kitab yang ditulis oleh Habib Abdullah Al Haddad. Tetapi orang itu bertanya-tanya dalam hatinya seolah ragu bahwa sosok dihadapannya yang memiliki keterbatasan dalam penglihatan zahir adalah Habib Abdullah Al Haddad yang mengarang semua kitab tersebut. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement