Wagub Minta IPHI Jateng Tetap Solid dan Guyub Agar Tetap Melayani Umat

Sabtu , 25 Jun 2022, 18:13 WIB Reporter :Bowo Pribadi/ Redaktur : Ani Nursalikah
Wagub Minta IPHI Jateng Tetap Solid dan Guyub Agar Tetap Melayani Umat
Wagub Minta IPHI Jateng Tetap Solid dan Guyub Agar Tetap Melayani Umat

IHRAM.CO.ID, SEMARANG -- Di tengah gejolak ‘dualisme’ kepengurusan ditingkat pusat, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jawa Tengah diminta tetap netral dan terus mengembangkan sikap gotong-royong dan kebersamaan dalam membantu jamaah.

 

Terkait

Pesan ini disampaikan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen kepada para pengurus IPHI Jawa Tengah, saat menghadiri acara konsolidasi dan silaturrahim Penurus Wilayah (PW) IPHI Jawa Tengah, di Hotel Grasia, Kota Semarang, Sabtu (25/6/2022).

Baca Juga

Menurut wagub, para pengurus IPHI Jawa Tengah harus dapat memisahkan persoalan yang ada di pusat dengan di daerah. Sehingga IPHI Jawa Tengah akan sepakat untuk guyup, mengutamakan gotong-royong dan saling menghormati.

“Lebih baik netral, toh kita juga tidak tahu itu (dualisme) sampai kapan kan. Maka seluruh pengurus IPHI di Jawa Tengah dan kabupaten/ kota tetap fokus bekerja melayani jamaah,” ungkap Taj Yasin.

Jika IPHI di Jawa Tengah tetap guyup dan mampu menunjukkan soliditas, maka IPHI Jawa Tengah akan bisa menjadi contoh bagi organisasi lainnya. “Secara pribadi, saya juga berharap agar persoalan yang ada di kepengurusan puat dapat segera diselesaikan agar IPHI --sebagai sebuah organisasi—juga bisa kembali fokus untuk melayani umat,” ujarnya.

Sehingga kalau ada masalah yang bisa dirembug, dapat dirembug dengan baik untuk kepentingan jamaah dan umat. “Pak Harsono --selaku ketua pengurus IPHI Jawa Tengah-- saya harap tetap melakukan kegiatan seperti biasanya. Adapun keputusan di pusat kita tunggu saja dan semoga Jawa Tengah ini menjadi contoh bagi yang lain,” kata Taj yasin yang juga anggota Dewan Penasehat PW IPHI Jawa Tengah ini.

Ketua PW IPHI Jawa Tengah Harsono mengatakan konsolidasi organisasi ini digelar karena terjadinya dualisme pengurus pusat antara kubu Ismed Hasan Putro dengan kubu Erman Suparno. Menurutnya, berdasarkan konsultasi PW IPHI Jawa Tengah telah menyepakati tetap menjaga kondusifitas dan tidak ingin ikut-ikutan bergejolak.

“PW IPHI Jawa Tengah tidak meghendaki ada dualisme kepengurusan status quo, dalam arti PW PD IPHI tetap menjalankan tugas organisasi sebagaimana mestinya sesuai SK pelantikan yang sudah ditetapkan,” ujarnya.

Harsono juga menyampaikan, konsolidasi dan silaturahim PW IPHI Jawa Tengah yang digelar hari ini dihadiri oleh 32 pengurus daerah (kabupaten/ kota). Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Dewan Penasehat PW IPHI Jawa Tengah, KH Ali Mufiz serta Anggota Dewan Pembina PW IPHI Jawa Tengah, KH Ahmad Daroji.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini