Rabu 13 Jul 2022 14:00 WIB

 100 Ribu Lebih Relawan Terlibat Pelaksanaan Haji 

Relawan pria dan wanita telah aktif membantu jamaah haji.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Menurut Asosiasi Pramuka Arab Saudi, lebih dari 2.000 sukarelawan telah dikerahkan di sekitar tempat-tempat suci di Makkah untuk membantu jamaah haji dengan arahan dan bimbingan.
Foto: SPA
Menurut Asosiasi Pramuka Arab Saudi, lebih dari 2.000 sukarelawan telah dikerahkan di sekitar tempat-tempat suci di Makkah untuk membantu jamaah haji dengan arahan dan bimbingan.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH — Kesuksesan pelaksanaan ibadah haji tahun ini tak lepas dari kontribusi para relawan. Seperti dilansir Arab News pada Rabu (13/7/2022) Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial Arab Saudi mengumumkan bahwa ada sebanyak 100.570 relawan yang ambil bagian  pada musim haji tahun ini untuk melayani jamaah dalam menyelesaikan ibadah mereka dengan mudah.

Kementerian juga mengatakan bahwa lebih dari 35.000 peluang bagi sukarela tersedia tahun ini. Insiatif tersebut dimaksudkan untuk berkontribusi dalam mencapai Visi Kerajaan 2030. Kementerian menambahkan bahwa bentuk kerja sukarela dan bantuan yang diberikan kepada jamaah haji selama musim haji bervariasi di banyak bidang, terutama kesehatan, organisasi, layanan, komunitas, pendidikan, dan lainnya.

Baca Juga

Kementerian mengatakan bahwa relawan pria dan wanita telah aktif dalam membantu peziarah di lebih dari satu lokasi sejak kedatangan mereka ke Arab Saudi. Para relawan berkoordinasi dengan otoritas terkait di pelabuhan darat dan laut, bandara, titik pengelompokan dan penyaringan, sampai ke Masjidil Haram dan tempat-tempat suci di Mina, Arafat, Muzdalifah, dan area pusat di sekitar masjid.

Mereka juga membantu di penginapan para peziarah untuk memberi mereka semua sarana kenyamanan tanpa kesulitan atau kerumitan. Kementerian bekerja untuk menarik sukarelawan sesuai dengan pengalaman dan keterampilan mereka untuk berpartisipasi dalam inisiatif di Masjidil Haram dan tempat-tempat suci untuk memberikan layanan lapangan, organisasi, dan keramahan terbaik kepada para peziarah.

Jam kerja sukarela mereka ditambahkan melalui Platform Kerja Sukarelawan Nasional dan mereka diberikan sertifikat sebagai penghargaan atas upaya dan dedikasi mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement