Selasa 26 Jul 2022 19:40 WIB

Jamaah Haji Kloter 1 Banjarmasin Negatif Covid-19

Ada sepuluh tempat pemeriksaan tes antigen yang disiapkan untuk percepatan tes covid.

Pemeriksaan Kesehatan Haji (Ilustrasi)
Foto: Antara/Bayu Pratama
Pemeriksaan Kesehatan Haji (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kelompok terbang (kloter) pertama jamaah haji yang tiba di Asrama Haji Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, menurut hasil pemeriksaan seluruh anggotanya tidak tertular COVID-19. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Tambrin mengatakan bahwa seluruh anggota Kloter 1 menjalani pemeriksaan antigen untuk mendeteksi penularan COVID-19 setelah tiba di Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin sekitar pukul 08.30 WITA.

"Ada sepuluh tempat pemeriksaan tes antigen yang disiapkan untuk percepatan pemeriksaan jamaah haji," katanya.

Baca Juga

Menurut dia, pemeriksaan antigen dilakukan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Banjarmasin dengan dukungan dari petugas Dinas Kesehatan."Hasilnya tadi kita dapat informasinya semua jamaah haji negatif COVID-19," kata Tambrin.

Ia menjelaskan bahwa pemerintah daerah sudah menyiapkan skema penanganan anggota jamaah haji yang terindikasi tertular COVID-19.Anggota jamaah yang menurut hasil pemeriksaan antigen pada saat kedatangan terindikasi terinfeksi virus corona akan langsung dipisahkan dari rombongan.

"Jadi kalau ada yang terindikasi COVID-19 hanya dipisah dari rombongan, diantar mobil tersendiri. Jadi mereka isolasinya di rumahnya saja," kataTambrin.Menurut dia, kloter pertama jamaah haji yang tiba di Banjarmasin terdiri atas358 orang, termasuk petugas haji, dan semuanya dalam keadaan sehat."Hanya ada beberapa yang batuk," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement