Sabtu 30 Jul 2022 23:35 WIB

Seleb TikTok Ditangkap Polisi Saudi karena Konten Lesbian

Seleb TikTok Ditangkap Polisi Saudi karena Konten Lesbian

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
 Seleb TikTok Ditangkap Polisi Saudi karena Konten Lesbian. Foto:  (Foto: ilustrasi aplikasi TikTok)
Foto: Pixabay
Seleb TikTok Ditangkap Polisi Saudi karena Konten Lesbian. Foto: (Foto: ilustrasi aplikasi TikTok)

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Seorang selebriti TikTok asal Mesir ditangkap di Arab Saudi setelah dituding mengunggah konten video yang memuat nada lesbian. Selebriti itu diketahui bernama Tala Safwan, yang memiliki 4,9 juta pengikut di TikTok.

Safwan ditangkap di Riyadh di tempat dia tinggal pada bulan lalu. Dilansir Insider yang mengutip media Mesir, Egyptian Streets, Sabtu (30/7/2022), kepolisian Saudi mengatakan seorang wanita yang muncul dalam video bermuatan seksual. Video ini bisa berdampak negatif pada moralitas publik sehingga dilakukan penangkapan.

Baca Juga

Pihak kepolisian Saudi tidak menyebut nama Safwan. Tetapi mereka menyertakan klip video TikTok Safwan. Video tersebut menunjukkan Safwan yang berbicara dengan seorang teman wanita Saudinya, yang kemudian memicu reaksi para warganet di Arab Saudi.

Tagar Twitter yang diterjemahkan sebagai "Tala menyinggung masyarakat" menjadi tren di negara itu. Dalam video tersebut, Safwan meminta temannya untuk mengunjungi rumahnya lalu mengatakan bahwa semua orang akan tertidur dan tidak ada yang akan mendengar teriakannya.

 

Itu ditafsirkan oleh beberapa warganet dan oleh otoritas Saudi sebagai sesuatu yang memiliki subteks lesbian, tetapi ini dibantah Safwan. Dia menegaskan pemahaman orang-orang telah keluar dari konteks konten video.

Sementara itu, advokat hak-hak LGBT, Wajeeh Lion, yang berbasis di AS, turut ambil peran dalam kasus ini. Advokat yang berasal dari Saudi itu mengatakan kepada Insider bahwa pejabat pemerintah Saudi sedang mencoba untuk membuktikan suatu hal dengan penangkapan itu.

Menurut dia, langkah baru-baru ini untuk melarang produk pelangi dan film yang menampilkan setiap adegan aneh yang mewakili permusuhan terhadap semua hal LGBT di Arab Saudi.

Arab Saudi telah melarang Pixar's Lightyear karena menyertakan ciuman sesama jenis bulan lalu. Lalu pada bulan yang sama, pejabat pemerintah menindak mainan dan pakaian berwarna pelangi, dengan mengatakan bahwa barang-barang tersebut mempromosikan homoseksualitas.

Sumber:

 https://www.insider.com/tala-safwan-saudi-arabia-tiktok-star-arrested-video-lesbian-undertones-2022-7

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement