Ulama Pakistan Apresiasi Arab Saudi Atas Suksesnya Penyelenggaraan Haji

Jumat , 05 Aug 2022, 08:48 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Jamaah wukuf di Arafah. Penyelenggaraan haji 2022 mendapat apresiasi di banyak negara
Jamaah wukuf di Arafah. Penyelenggaraan haji 2022 mendapat apresiasi di banyak negara

IHRAM.CO.ID, ISLAMABAD – Sejumlah pemimpin agama, pejabat pemerintah dan akademisi Pakistan memuji keberhasilan misi haji tahun ini. Mereka menyebut, misi haji kali ini telah mengirimkan pesan yang jelas kepada dunia, yang mencerminkan status sebenarnya dari Arab Saudi.

 

Terkait

Selain itu, pelaksanaan ibadah haji 2022 juga disebut semakin mengokohkan posisi Saudi dan peran perintis yang dimainkannya bagi Islam dan Muslim. 

Baca Juga

Pun, menampilkan dukungannya terhadap keamanan dan stabilitas regional dan internasional di bawah kepemimpinan Raja Salman yang bijaksana. 

Hal ini disampaikan dalam sebuah konferensi yang diselenggarakan oleh Dewan Global untuk Menghormati Dua Masjid Suci, yang diadakan di ibukota Pakistan dengan tema "Pesan Haji". Duta Besar Saudi untuk Pakistan Nawaf Al-Malki dan Menteri Agama Pakistan Mufti Shakoor hadir pada konferensi tersebut. 

Dilansir di Saudi Gazette, Kamis (4/8/2022), para peserta menganggap operasional haji tahun ini sebagai pesan perdamaian dan persahabatan kepada orang-orang di dunia.

Kesuksesan haji ini seolan menjadi cerminan kemampuan besar Kerajaan dan kepemimpinannya, layanan yang mereka berikan kepada Islam dan Muslim, serta kepedulian mereka terhadap Dua Masjid Suci, jamaah haji, serta pengunjung dan jamaah umroh. 

Peserta yang hadir juga memuji hasil luar biasa dari inisiatif Kerajaan dalam membela negara Arab dan Islam, yang bertujuan untuk mencapai stabilitas di kawasan itu. 

Di sisi lain, mereka menyoroti hubungan bilateral yang mengikat Kerajaan dengan Pakistan dan rakyatnya, sekaligus sikap tegas dalam mendukung Pakistan untuk membantunya mengatasi situasi sulit. 

Pascaselesainya pelaksanaan haji 2022, sebanyak 10.095 jamaah haji disebut telah tiba di Madinah, Selasa (2/8) kemarin. Penambahan ini meningkatkan jumlah jamaah haji yang tiba di Madinah, menjadi 312.783 jamaah. 

Statistik Kementerian Haji dan Umroh mengenai pergerakan jamaah haji di Madinah menunjukkan, jumlah jamaah haji yang meninggalkan Madinah ke negara asalnya selama musim pascahaji melalui semua pelabuhan mencapai 248.302 orang. 

Sementara, jumlah jamaah haji yang tersisa di Madinah mencapai 64.481 jamaah pada Selasa (2/8/2022) malam. 

 

Sumber: saudigazette   

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini