Rabu 10 Aug 2022 17:10 WIB

MWAN Luncurkan Proyek Daur Ulang Kain Ihram

Jamaah diharap tak membuang kain ihram sembarangan.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
MWAN Luncurkan Proyek Daur Ulang Kain Ihram. Foto:   Sejumlah calon jamaah haji dan umrah memperbaiki kain ihram saat melaksanakan manasik haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Senin (23/5/2022). Latihan manasik haji tersebut untuk membekali para calon jamaah haji dan umrah terkait pemahaman tata cara pelaksanaan ibadah secara mandiri ketika di tanah suci. Republika/Putra M. Akbar
Foto: Republika/Putra M. Akbar
MWAN Luncurkan Proyek Daur Ulang Kain Ihram. Foto: Sejumlah calon jamaah haji dan umrah memperbaiki kain ihram saat melaksanakan manasik haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Senin (23/5/2022). Latihan manasik haji tersebut untuk membekali para calon jamaah haji dan umrah terkait pemahaman tata cara pelaksanaan ibadah secara mandiri ketika di tanah suci. Republika/Putra M. Akbar

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Pusat Pengelolaan Sampah Nasional atau National Center for Waste Management (MWAN) mengklarifikasi bahwa mereka mendaur ulang ihram jamaah haji, setelah digunakan untuk mendapatkan manfaat darinya lagi.

Dilansir dari laman Saudi Gazette pada Selasa (9/8/2022) Klarifikasi itu muncul ketika MWAN menyoroti inisiatifnya untuk mendaur ulang ihram haji 1443 Hijriah. Itu bertujuan untuk mengambil manfaat darinya, daripada membuangnya secara sembarangan.
 
MWAN menjelaskan bahwa inisiatif dimulai setelah semua orang mengintensifkan upaya mereka untuk berpartisipasi dalam proyek daur ulang ihram. Para jamaah bekerja sama dengan menyerahkan ihram setelah menyelesaikan rangkaian ibadah haji.
 
MWAN menerbitkan sebuah video melalui akun resminya di Twitter. Kemudian menjelaskan mekanisme yang diadopsi untuk mendaur ulang ihram, setelah dikumpulkan dari kamp-kamp jamaah di akhir haji.
 
Setelah mengumpulkan ihram, MWAN memilahnya, mensterilkannya, mencucinya dan memasukkannya ke dalam kantong transparan. Kemudian mereka memperbaiki yang rusak untuk digunakan kembali.

Baca Juga

MWAN, pada partisipasi pertamanya di musim haji 1443 H, berinisiatif untuk meningkatkan kesadaran dan memperkaya perilaku positif di kalangan jamaah.

 
Selain mendaur ulang ihram, MWAN telah meningkatkan kesadaran jamaah tentang inisiatif daur ulang sampah. Hal ini bertujuan untuk melestarikan lingkungan dan melindunginya secara berkelanjutan dari semua penyebab polusi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement