Sabtu 17 Sep 2022 09:00 WIB

Bersedekah Diam-Diam

Mari sama- sama menggerakkan banyak orang untuk bersedekah secara diam-diam.

Rep: Erdy Nasrul/ Red: Agung Sasongko
Sedekah/Ilustrasi

Ini bukan sedekah untuk dilihat (banyak) orang kemudian mendapatkan popularitas. Justru berbeda. Si Amir menyiapkan busana serba hitam. Dia mengenakan busana itu, kemudian berjalan pada malam hari.

Saat berjalan, dia menemukan seorang wanita tunawisma terbaring di perlintasan pejalan kaki. Amir membungkus uangnya dalam kantong plastik, kemudian melemparkannya ke si wanita tadi. Lalu, Amir melarikan diri.

Wanita tadi terbangun dan membuka kantong plastik tadi. Dia terkejut karena mendapatkan uang yang banyak. Tak berhenti dia bersyukur karena rezeki itu membuatnya mampu memenuhi kebutuhan hidup dan merasakan aneka kenikmatan. Tapi, dia tak mengetahui dan mengenal siapa si pemberi sedekah itu.

Tangan kiri tak mengetahui tangan kanan memberi (sedekah). Inilah contoh sedekah secara rahasia (shadaqah sirr). Tak memedulikan bagaimana respons si wanita, yang utama, si pemberi sedekah sudah mengamalkan sunah Rasulullah yang mu lia. Entah berapa banyak yang sudah, apalagi gemar melakukan sedekah semacam ini.

Namun, yang sering terlihat adalah individu atau lembaga yang memamerkan sedekahnya.Diekspos dengan foto dan audio visual, lalu disebarluaskan melalui jaringan internet.Jutaan pengguna internet kemudian mengeklik konten tersebut sehingga mengetahui individu atau lembaga tadi melakukan sedekah.

Di satu sisi, ini adalah upaya memotivasi, mengajak, dan menginspirasi pihak lain untuk me lakukan amal sosial. Bisa jadi banyak orang di berbagai tempat terdorong untuk melakukan hal sama sehingga banyak kaum dhuafa tertolong. Tentu, hal semacam ini bernilai positif.

Namun, ada hal lain bahwa konten semacam ini ketika terpublikasi memunculkan pamer (riya), bahkan kesombongan. Ini lho saya bersedekah sekian rupiah .... Kayak ginibersede kah yang baik itu. Yakinlah sedekah semacam ini tak akan diterima Allah SWT, menjadi sia-sia, menguap dan menyatu dengan udara.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement