Arab Saudi Promosikan Aplikasi Nusuk untuk Umroh di Asia Tengah

Selasa , 04 Oct 2022, 12:31 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Ani Nursalikah
Arab Saudi Promosikan Aplikasi Nusuk untuk Umroh di Asia Tengah
Arab Saudi Promosikan Aplikasi Nusuk untuk Umroh di Asia Tengah

IHRAM.CO.ID, KAIRO -- Arab Saudi telah menggelar tur resmi di Asia Tengah, untuk mempromosikan platform elektronik barunya. Platform ini disebut-sebut akan menawarkan fasilitas bagi peziarah melakukan umroh dan mengunjungi tempat-tempat suci Islam di kota Makkah dan Madinah.

 

Terkait

Kerajaan Saudi telah menggelar dua pameran tentang platform Nusuk di Kazakhstan dan Uzbekistan. Ini sebagai bagian dari perjalanan delegasi Saudi yang dipimpin oleh Menteri Haji dan Umrah Tawfiq Al Rabeah.

Baca Juga

Dilansir di Gulf News, Selasa (4/10), perjalanan tersebut bertujuan untuk menyoroti fasilitas yang ditawarkan oleh Arab Saudi kepada jamaah dari seluruh dunia. Mereka yang datang diharapkan dapat melakukan ritual umrah dengan nyaman.

Dalam kunjungan tersebut, sejumlah kesepakatan juga ditandatangani untuk memfasilitasi kedatangan jamaah di Mekkah dan Madinah, melalui pengembangan rute udara antara Arab Saudi dan negara-negara tersebut. Hal ini juga merupakan bagian dari upaya peningkatan layanan yang tersedia bagi para peziarah

Arab Saudi baru-baru ini dilaporkan meluncurkan platform pemerintah terpadu, untuk memfasilitasi langkah-langkah bagi jamaah umroh dan pengunjung Makkah dan Madinah.

Platform Nusuk ini memungkinkan umat Islam yang ingin melakukan ziarah kecil (umrah) atau mengunjungi tempat-tempat suci mendapatkan visa dan izin yang diperlukan, serta memesan paket terkait secara elektronik.

“Peluncuran Nusuk adalah salah satu perkembangan besar sejak penerbitan e-visa di Arab Saudi pada 2019,” kata Supervisor-General platform, Fahd bin Mohammed.

Wakil Menteri Haji dan Umrah Saudi, Abdulfattah Al Mashat, dalam sebuah wawancara TV pekan lalu menyebut Nusuk adalah platform terintegrasi secara elektronik, yang ditujukan untuk para tamu Allah di dalam dan di luar kerajaan.

“Platform ini menandai transfer kualitatif semua layanan yang diberikan oleh Kementerian Haji dan Umrah, atau sektor lain untuk jamaah. Platform ini akan memfasilitasi kedatangan mereka di Makkah dan Madinah, serta mendapatkan visa untuk umrah atau berkunjung,” ucap Al Mashat.

Dalam beberapa bulan terakhir, Arab Saudi telah memperkenalkan seperangkat fasilitas untuk ritual umrah yang dilakukan sepanjang tahun, kecuali selama musim haji tahunan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini