Senin 10 Oct 2022 21:21 WIB

Grande Mosque de Paris Terinspirasi Alhambra

Bangunan Grande Mosque de Paris terinspirasi oleh Masjid Alhambra di Spanyol.

Taman di Masjid Agung Paris

Tidak jauh dari sumur tersebut, terdapat sebuah bangunan yang pada masa awal berdirinya masjid ini merupakan tempat pemandian umum (hammam) bagi orang-orang Muslim Maroko. Keberadaan bangunan hammam ini merupakan salah satu ciri khas dari kompleks bangunan masjid pada masa kejayaan Islam.

Untuk melihat-lihat bagian dalam hammam ini, pengunjung terlebih dahulu harus turun ke jalan Quatrefages, lalu berbelok ke kiri. Di jalan Geoffroy Saint-Hilaire, akan ditemukan sebuah pintu masuk ke bangunan ini. Di dalamnya, terdapat sejumlah perabotan bernuansa oriental yang memang terbuka untuk masyarakat umum yang ingin melihatnya.

Bagian lain dari kompleks Masjid Raya Paris yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah La Cour d'Honneur yang merupakan sebuah halaman luas yang juga difungsikan sebagai ruang pertemuan utama. Untuk menuju La Cour d'Honneur ini, pengunjung harus melewati pintu besar yang terbuat dari kayu oak yang bertatahkan perunggu dengan mozaik yang terbuat dari kayu ekaliptus dan hiasan koral.

Taman yang terdapat pada La Cour d'Honneur ini terinspirasi dari desain taman bergaya Spanyol-Maroko dan taman yang terdapat di rumah-rumah bangsawan Afrika Utara. Ketika masuk ke tempat tersebut, seorang pengunjung akan menemukan taman bercorak Andalusia, lengkap dengan keran-keran air.

Tampak pula teras-teras yang dilapisi marmer hitam, kolam berikut air mancurnya, beranda, dan beberapa keran air yang sewaktu-waktu akan menyemprotkan air di antara bunga-bunga yang tumbuh di halaman.

 

 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement