Rabu 19 Oct 2022 18:27 WIB

Pemerintah Ondo di Nigeria Tutup Masjid karena Krisis Kepemimpinan

Masjid ditutup sambil menunggu resolusi krisis.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Wanita Muslim Nigeria. Pemerintah Ondo di Nigeria Tutup Masjid karena Krisis Kepemimpinan
Foto: AP / Sunday Alamba
Wanita Muslim Nigeria. Pemerintah Ondo di Nigeria Tutup Masjid karena Krisis Kepemimpinan

IHRAM.CO.ID, ABUJA -- Pemerintah Negara Bagian Ondo telah menutup Masjid Pusat Ikare menyusul meningkatnya ketegangan yang timbul akibat perebutan kekuasaan antara Imam Besar, Abubakar Muhammad dan Dewan Muslim Ikare. Ikare berada di Wilayah Pemerintah Daerah Timur Laut Akoko di negara bagian tersebut. 

Sementara dewan, yang didukung oleh raja kota, Okukare dari Ikare, Saliu Momoh IV, telah memecat Imam Kepala, Liga Imam dan Dewan Negara Bagian Ondo untuk Urusan Islam telah menolak pemecatan ulama tersebut. Ini menciptakan ketegangan dalam komunitas Muslim di kota itu.

Baca Juga

Surat pemecatan Muhammad dikeluarkan pada 10 Oktober dan ditandatangani oleh Ketua Dewan Muslim Ikare, Adewale Abayomi, dan Sekretaris, R. Aiyegbusi. Umat Muslim di kota itu, Jumat lalu, menghadiri sholat Jumat di Masjid Pusat yang dipimpin oleh Imam yang diperangi di tengah pengamanan ketat. Terlepas dari seruan dari berbagai kalangan, dewan dan komunitas Muslim, berkumpul, bertekad untuk menyingkirkan Imam Besar.

Pada pertemuan dewan eksekutif negara bagian pada hari Senin, gubernur menyetujui penutupan masjid sambil menunggu resolusi krisis. Kepala Sekretaris Pers Gubernur, Richard Olabode, mengkonfirmasi penutupan dan menambahkan bahwa itu perlu untuk mencegah gangguan hukum dan ketertiban.

 

“Satu-satunya cara untuk saat ini adalah menutup masjid sehingga memungkinkan perdamaian memerintah,” katanya dilansir dari Premium Times, Rabu (19/10/2022).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement