Selasa 15 Nov 2022 20:25 WIB

Mengintip Bagian dalam Masjid Jami Sultan Syarif Abdurrahman

Masjid Jami Sultan Syarif Abdurrahman memiliki dua pintu utama.

Sejumlah umat Islam berjalan keluar dari Masjid Jami Sultan Abdurrahman usai menunaikan shalat jumat di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (8/5/2020). Masjid Jami yang didirikan oleh Sultan Pontianak Syarif Abdurrahman Al Kadrie pada tahun 1771 di sebelah timur Sungai Kapuas besar tersebut merupakan salah satu cagar budaya yang menjadi destinasi wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara
Foto:

Mihrab masjid ini adalah sebuah ruang yang menjorok ke dalam mengarah kiblat. Ruangan ini berbentuk potongan prisma segi enam dengan empat sisi. Di pandang dari luar, prisma segi enam ini seperti menempel pada bagian depan masjid.

Ruang mihrab dihuni sebuah mimbar yang usianya sama dengan usia masjid. Dibalut paduan warna kuning, hijau, dan keemasan, mimbar yang telah berusia lebih dari 200 tahun itu selalu berada di posisinya dari masa ke masa, tak pernah sekalipun berpindah.

Berbahan kayu belian, mimbar ini berukuran 1 x 2 meter. Ketiga sisinya tampil indah berhiaskan ukiran motif flora (tetumbuhan dan bunga-bungaan) berwarna keemasan.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement