Kamis 17 Nov 2022 22:55 WIB

Sungai Eufrat dan Sabda Rasulullah

Begitu istimewanya, Rasulullah SAW menyebutnya sebagai sungai surga.

Sungai eufrat
Foto: blogspot.com
Sungai eufrat

IHRAM.CO.ID, Sungai Eufrat. Inilah salah satu sungai paling istimewa dalam sejarah peradaban Islam. Begitu istimewanya, Rasulullah SAW menyebutnya sebagai sungai surga. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, “Seihan, Jeihan, Nil, dan Eufrat, semuanya adalah sungai-sungai surga.” (HR Muslim).

Pada kesempatan lain, kembali Rasulullah bersabda tentang sungai ini. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, “Hari kiamat tak akan terjadi sebelum Sungai Eufrat mengering dan menyingkapkan gunung emas sehingga manusia saling membunuh (berperang) untuk mendapatkannya. Maka terbunuhlah 99 dari 100 orang yang berperang dan setiap orang dari mereka berkata, ‘Semoga akulah satu-satunya orang yang selamat.’’’ (HR Muslim).

Baca Juga

Menurut Dr Syauqi Abu Khalil dalam buku Atlas Hadits, Eufrat atau dalam bahasa Arab, al-Furat, memiliki arti air paling segar. Dijelaskan, Eufrat adalah sungai yang mengalir dari timur laut Turki. Sungai itu membelah pegunungan Toros, kemudian melewati Suriah di Kota Jarablus, melewati Irak di Kota al- Bukmal, lalu bertemu dengan Sungai Tigris di al-Qurnah.

Seperti banyak sungai besar lainnya, Eufrat pun memiliki beberapa anak sungai, yakni al-Balikh dan al-Khabur. Namun, kini kedua anak sungai ini telah kering. “Panjang Sungai Eufrat adalah 2.375 km,” kata Syauki, yang juga penulis buku best seller, Atlas Alquran. Sementara itu, dalam wikipediadisebutkan, Eufrat adalah sungai besar yang bersama-sama dengan Sungai Tigris menjadi ciri khas Mesopotamia. Sungai Eufrat bermata air di Anatolia, Turki, dan bermuara di Teluk Persia.

Sejak berabad-abad silam, Sungai Eufrat menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat yang hidup di sekitarnya. Pada sekitar abad ke-4 SM, sungai ini mendorong munculnya peradaban Sumeria. Bangsa Sumeria merupakan penguasa pertama daerah Mesopotamia.

Adapun hasil kebudayaan bangsa Sumeria, di antaranya, mengenal bentuk tulisan yang disebut huruf paku, menggunakan batu bata sebagai bahan ba ngunan untuk membuat tembok rumah, mengetahui penanggalan (satu tahun terdiri atas 12 bulan = 350 hari, satu hari terdiri atas 24 jam, satu jam sama dengan 60 menit, satu menit sama dengan 60 detik), mengetahui suatu lingkaran sama dengan 360 derajat. Dalam bidang sastra, bangsa Sumeria menghasilkan wiracarita atau kisah kepahlawanan, yaitu Gilgames.

Selain kebudayaan Sumeria, Eufrat juga mendorong muncul dan berkembangnya kota-kota kuno penting lainnya yang bertebaran di lembah sungai ini, seperti kota kuno Mari, Sippar, Nippur, Shuruppak, Uru, dan Eridu.

 

sumber : Republika
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement