Jumat 18 Nov 2022 16:45 WIB

Sejarah Islam Mencatat Bushra Sebagai Kota yang Istimewa

Bushra atau Bushra asy-Syam adalah kota administrasi Damaskus.

Masjid Al-Umari Bushrah
Foto: lightstalkers.org
Masjid Al-Umari Bushrah

IHRAM.CO.ID, Tak ada seorang pun yang mengetahui kapan hari kiamat akan terjadi. Hanya Sang Khalik yang mengetahuinya. Meski begitu, Rasulullah SAW telah mengabarkan tanda-tanda menjelang datangnya hari akhir itu.

Salah satu tanda menjelang hari kiamat adalah keluarnya api di wilayah Arab. Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Tidak akan terjadi hari kiamat sebelum keluar api dari wilayah Hijaz, yang menyinari pundak-pundak unta di Bushra (Huran)." (HR Bukhari dan Muslim).

Baca Juga

Terkait hadis di atas, Umar bin khattab RA mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Kiamat tidak akan terjadi sebelum lembah-lembah Hijaz dialiri api hingga menerangi punggung-punggung unta di Bushra.'' (HR Ibnu Adiy dalam Al-Kamil).

Hudzaifah bin Asid RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Kiamat tidak akan terjadi sebelum api keluar dari Romawi atau Rukubah (lembah yang sulit dilalui menuju Syam), yang sinarnya menerangi punggung-punggung unta di Bushra (kota pekerja Huran, berjarak tiga hari perjalanan dari Kota Damaskus)." (HR Thabrani).

 

 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement