Ahad 18 Dec 2022 20:20 WIB

Ormas Islam Komitmen Memajukan Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting untuk kesehatan dan kekuatan jasmani

 Penjelasan Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Muti
Foto:

Apa pentingnya berolahraga dalam ajaran Islam?

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting untuk kesehatan dan kekuatan jasmani dan rohani. Di dalam Alquran disebutkan pentingnya kekuatan fisik (bastah fi al-jism).Di dalam hadis disebutkan bahwa mukmin yang kuat lebih baik dibandingkan mukmin yang lemah.

Selain itu, juga terdapat perintah dari Nabi Muhammad agar orang tua mengajarkan kepada anak-anak mereka memanah dan berenang.Maksud hadis itu ada dua. Pertama, agar orang tua memberikan pendidik an keterampilan hidup (life skills).

Kedua, agar anak-anak gemar berolahraga sehingga mereka memiliki jasmani dan rohani yang sehat.

Apa pendapat Anda dengan capaian Maroko di Piala Dunia?

Fenomena Maroko menggambarkan bagaimana umat Islam, bang sa Arab, dan dunia sangat mendambakan prestasi dalam dunia sepak bola. Selama ini dunia sepak bola didominasi oleh negara-negara Ero pa dan Amerika Latin. Fenomena Maroko merupakan representasi kebangkitan dunia sepak bola di Arab dan Afrika.

Hal serupa terjadi terhadap fenomena Muhammad Salah di Liverpool, Karim Benzema di Real Madrid, atau Mesut Ozil yang pernah membela timnas Jerman. Jadi, masalahnya bukan agama. Tidak ada hu bungan agama dengan prestasi sepak bola. Prestasi lebih ditentukan kualitas, kerja sama tim, dan mentali tas pemain.

Apa pelajaran berharga di balik suksesnya Maroko sebagai negara Muslim pertama yang berhasil lolos semifinal Piala Dunia?

Salah satu yang menjadi kunci kemajuan timnas Maroko adalah pembinaan yang konsisten serta kesempatan bagi para pemain Maroko untuk bermain di liga profesional, khususnya di Eropa. Beberapa pemain kunci Maroko sekarang bermain di Prancis, Spanyol, Inggris, dan sebagainya. Mereka memiliki jam terbang yang tinggi dan atmosfer bermain di liga tingkat dunia.

Bagaimana upaya Muhammadiyah dan ormas-ormas Islam di Indonesia dalam memjukan dunia olahraga di Tanah Air agar lebih berprestasi?

Ormas Islam berkomitmen memajukan olahraga. Sejak awal berdiri Muhammadiyah memberikan perhatian terhadap pembinaan olahraga, khususnya sepak bola dan pencak silat. Di Muhammadiyah banyak berkembang klub sepak bola Hizbul Wathan. 

 

Pada masa awal, Hizbul Wathan dan para tokohnya bahkan ikut mem bidani lahirnya PSSI. Tapak Suci Putra Muhammadiyah adalah bela diri asli Indonesia. Para pendekar Tapak Suci turut mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia.Sekarang ini Tapak Suci berkembang di mancanegara, di antaranya Malaysia, Mesir, Jerman, Belanda, Lebanon, Aljazair, dan lain- lainnya.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement