Senin 26 Dec 2022 19:00 WIB

Kiprah Muhammadiyah Berkontrobusi untuk Jatim Diapresiasi

Muhammadiyah memberikan dampak signifikan terhadap IPM Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.
Foto: istimewa
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengucapkan selamat kepada Sukadiono yang terpilih sebagai Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatimmelalui Musyawarah Wilayah (Muswil) Ke-16 di Kabupaten Ponorogo.

Mantan Menteri Sosial itu optimistis setiap keputusan yang dihasilkan dalam Muswil Muhammadiyah yang berlangsung 24 - 25 Desember 2022 di Ponorogo akan menjadi penguat bagi seluruh ikhtiar dan sinergi untuk memajukan Jatim.

Baca Juga

"Kami atas nama Pemerintah Provinsi Jatim menyampaikan selamat kepada 13 formatur yang telah terpilih dalam MuswilKe-16, khususnya kepada ketua terpilih Sukadiono yang akan memimpin PWM Jatim Periode 2022 - 2027," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Sukadiono sebagai Ketua PWM Jatim terpilih adalah seorang dokter yang saat ini menjabat Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Gubernur Khofifah meyakini kepemimpinan Sukadiono akan semakin menguatkan dua sektor penting yang selama ini telah dirintis Muhammadiyah sejak didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan, yakni pelayanan pendidikan dan kesehatan.

"Muhammadiyah telah mengawali pengabdian dengan mendirikan Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Islamiyah pada 1 Desember 1911. Kemudian mendirikan Pusat Kesehatan Umum pada tahun 1923 dan terus berkembang sampai sekarang," ujar dia.

Dari seluruh ikhtiar yang telah dirintis Muhammadiyah, Ketua Umum Muslimat Nahdlatul ulama itu menyampaikan apresiasi karena telah memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) di Jatim.

Capaian IPM di Jatim tahun 2022 menunjukkan peningkatan signifikan mencapai 72,75 persen atau tumbuh sebesar 0,85 persen dibanding pencapaian setahun lalu.

"Alhamdulillah, tahun ini IPM mengalami kenaikan sangat signifikan. Tentunya hal ini dapat tercapai atas dukungan dari seluruh ikhtiar elemen strategis, khususnya amal usaha pendidikan, kesehatan, dan layanan ekonomi Muhammadiyah se-Jatim," kata Gubernur Khofifah.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement