Rabu 04 Jan 2023 12:32 WIB

Tersapu Banjir di Makkah, Seorang Ekspatriat Ditemukan Meninggal Dunia

Jenazah tersebut ditemukan sekitar 13 kilometer di selatan Makkah.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Tersapu Banjir di Makkah, Seorang Ekspatriat Ditemukan Meninggal Dunia. Foto: Tangkapan layar platform medsos Twitter menunjukkan banjir bandang melanda kota Makkah, Arab Saudi, saat kendaraan tersapu oleh aliran air yang deras, Jumat pagi (23/22/2022)
Foto: Tangkapan layar Twitter Middle East Eye
Tersapu Banjir di Makkah, Seorang Ekspatriat Ditemukan Meninggal Dunia. Foto: Tangkapan layar platform medsos Twitter menunjukkan banjir bandang melanda kota Makkah, Arab Saudi, saat kendaraan tersapu oleh aliran air yang deras, Jumat pagi (23/22/2022)

IHRAM.CO.ID,MAKKAH -- Personil pertahanan sipil di kota suci Mekkah Arab Saudi dilaporkan menemukan seorang mayat. Jenazah merupakan seorang ekspatriat yang tersapu banjir, akibat hujan lebat minggu ini.

Mayat tersebut dikonfirmasi merupakan warga negara Myanmar. Ia tersapu banjir bandang yang melanda sebuah distrik di Makkah pada Senin (2/1/2023) lalu.

Baca Juga

Dilansir di Gulf News, Rabu (4/1/2023), menurut laporan media lokal, jenazah tersebut ditemukan sekitar 13 kilometer dari lokasinya di selatan Makkah. Jenazah lantas diserahkan ke kamar mayat rumah sakit, karena insiden itu dirujuk ke lembaga yang kompeten.

Selama satu minggu terakhir Makkah dan beberapa daerah lain di Arab Saudi diguyur hujan deras. Otoritas pendidikan pun memerintahkan sekolah-sekolah di kota itu ditutup pada Selasa, untuk hari ketiga berturut-turut karena cuaca hujan.

Pembelajaran lantas dilakukan secara daring melalui platform Madrasty pemerintah. Keputusan serupa diambil dengan menangguhkan kelas tatap muka di wilayah lain kerajaan termasuk Riyadh, Jeddah, Taif dan Madinah.

Sebelumnya, Pusat Meteorologi Nasional (NCM) Arab Saudi telah memperingatkan cuaca buruk akan berlanjut hingga Jumat (6/1). Hujan lebat yang disertai hujan es, kabut dengan jarak pandang rendah, serta gelombang tinggi di sepanjang pantai diprediksi terjadi dalam kurun waktu ini.

"Badai petir akan berlanjut di sebagian besar wilayah di Kerajaan mulai dari Ahad 1 Januari, hingga Jumat 6 Januari 2023," tulis NCM dalam akun Twitter mereka.

NCM meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, meramalkan hujan lebat di Mekkah, Madinah dan wilayah Perbatasan Utara mulai dari Ahad malam. Kelas tatap muka tetap ditangguhkan pada Senin dan Selasa di semua sekolah di Makkah, Jeddah dan Rabigh.

Dalam laporan hariannya Senin (2/1/2023) kemarin, NCM mengatakan hujan petir sedang dan deras ,disertai angin aktif diperkirakan akan turun di beberapa bagian wilayah Asir, Baha, Makkah dan Madinah. "Hal ini meluas ke beberapa bagian Qassim, Hail, Tabuk, Perbatasan Utara dan wilayah Jouf,” lanjutnya.

Langit sebagian akan berawan, dengan kemungkinan badai petir disertai angin aktif di beberapa bagian Riyadh dan Provinsi Timur. Kondisi tersebut juga akan melanda beberapa bagian wilayah Najran dan Jizan.

Tidak hanya itu, Pusat  Meteorologi Nasional juga melaporkan beberapa wilayah tinggi di Tabuk dan bagian utara Kerajaan dapat menyaksikan hujan salju.  

Sumber:

https://gulfnews.com/world/gulf/saudi/expat-swept-away-by-flooding-in-mecca-found-dead-1.93000696

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement