Jumat 24 Feb 2023 16:12 WIB

Dana yang Digalang Saudi untuk Turki-Suriah Capai Rp 1,7 triliun

Jumlah donatur yang menyumbang untuk Turki-Suriah mencapai jutaan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Dana yang Digalang Saudi untuk Turki-Suriah Capai Rp 1,7 triliun. Foto: Peristiwa Evakuasi Hewan Peliharaan Korban Gempa Turki 21 Feb 2023, 10:10 WIB Tim SAR hewan Turki dan internasional menyelamatkan hewan-hewan dari lokasi gempa. HATAY -- Gempa tidak hanya berdampak langsung kepada manusia. Hewan peliharaan yang berada di area gempa turut menjadi korban, baik karena terlantar kehilangan tempat berlindung, terluka, atau bahkan ikut menjadi tewas tertimpa reruntuhan.  photoAnggota Humane Society International menyelamatan seekor induk anjing dengan dan 5 anak anjing dari reruntuhan gempa di Provinsi Hatay, Turki, (20/2/2023.)
Foto: EPA-EFE/ERDEM SAHIN
Dana yang Digalang Saudi untuk Turki-Suriah Capai Rp 1,7 triliun. Foto: Peristiwa Evakuasi Hewan Peliharaan Korban Gempa Turki 21 Feb 2023, 10:10 WIB Tim SAR hewan Turki dan internasional menyelamatkan hewan-hewan dari lokasi gempa. HATAY -- Gempa tidak hanya berdampak langsung kepada manusia. Hewan peliharaan yang berada di area gempa turut menjadi korban, baik karena terlantar kehilangan tempat berlindung, terluka, atau bahkan ikut menjadi tewas tertimpa reruntuhan. photoAnggota Humane Society International menyelamatan seekor induk anjing dengan dan 5 anak anjing dari reruntuhan gempa di Provinsi Hatay, Turki, (20/2/2023.)

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Total dana sumbangan setelah Arab Saudi melakukan kampanye untuk membantu para penyintas gempa bumi di Turki dan Suriah telah mencapai lebih dari 440 juta riyal Saudi atau sekitar Rp 1,7 triliun. Jumlah donatur yang menyumbang mencapai jutaan.

Enam belas hari setelah Pusat Bantuan dan Bantuan Kemanusiaan Raja Salman (KSRelief) meluncurkan kampanye melalui platform Sahem. Dilansir Saudi Gazette, Kamis (24/2/2023), jumlah donatur yang berdonasi dalam kampanye mencapai sekitar 1,8 juta orang.

Baca Juga

KSRelief telah meluncurkan kampanye kemanusiaan dalam pelaksanaan arahan Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Putra Mahkota dan Perdana Menteri Mohammed Bin Salman, untuk membantu mereka yang terkena dampak gempa bumi yang terjadi di Turki dan Suriah baru-baru ini.

Saudi juga telah mengirimkan tim penyelamat untuk membantu pencarian korban gempa yang mengguncang Turki. Tim pencarian dan penyelamatan Saudi telah meninggalkan Turki setelah menghabiskan lebih dari dua pekan untuk membantu mencari korban gempa.

 

Tim tersebut melanjutkan tugasnya dalam menyelamatkan sebagian besar korban. Ini merupakan arahan Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Putra Mahkota dan Perdana Menteri Mohammed Bin Salman, untuk membantu mereka yang terkena dampak gempa yang mengakibatkan kematian lebih dari 43 ribu orang dan melukai ribuan orang.

Tim yang dikirim berafiliasi dengan Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil, termasuk sekelompok penyelamat, dokter, teknisi pemeliharaan, pengawas K9, insinyur, paramedis, teknisi sistem komunikasi selain spesialis keamanan dan keselamatan.

Mereka yang diturunkan ke Turki adalah yang memegang klasifikasi internasional "kategori berat" sebagai klasifikasi tertinggi yang diberikan oleh International Search and Rescue Advisory Group (INSARAG). Mereka telah dilatih sesuai dengan tingkat tertinggi menghadapi bencana dan mendapatkan dukungan dan atribusi di dalam dan di luar Arab Saudi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement