Rabu 09 Oct 2013 12:55 WIB

Pakistan Terjunkan Pramuka Bantu Jamaah Haji

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Hafidz Muftisany
Jamaah haji wukuf di Jabal Rahmah, Arafah.
Foto: Antara/Zarqoni Maksum
Jamaah haji wukuf di Jabal Rahmah, Arafah.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Asosiasi Pramuka Pakistan Internasional (PIA-BSA) akan mengirimkan sebanyak 55 pramuka PIA ke Arab Saudi, Rabu (9/10). Seperti dilansir Arab News para pramuka ini akan melayani jamaah haji di kamp-kamp di Makkah, Madinah dan Jeddah.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh asosiasi, pramuka yang dikenal sebagai 'Khaddam ul Hujjaj' tersebut akan membantu jamaah dari Pakistan. Mereka  juga akan membantu memastikan keberangkatan penerbangan haji dari Jeddah ke Pakistan berjalan tepat waktu.

Pramuka ini juga akan membantu dan membimbing jamaah haji di asrama, imigrasi dan ruang tunggu keberangkatan. PIA-BSA memberikan bantuan kepada tim manajemen di PIA dan organisasi yang berhubungan dengan penerbangan lain yang terlibat dalam operasi haji di stasiun domestik dan di Arab Saudi.

Sekitar 142.000 jamaah dari Pakistan menunaikan ibadah haji tahun ini. Hampir 50 persen dari jamaah telah tiba di Kerajaan Arab Saudi.

Sebanyak 85.696 jamaah Pakistan menunaikan haji di bawah skema pemerintah. Sedangkan 57.347 lainnya melakukan haji dengan penyelenggara haji swasta.

Para pejabat Kedutaan Besar Pakistan mengatakan 125 bangunan perumahan akan menjadi pemondokan bagi 86.000 jamaah haji. Layanan Medis Haji Pakistan telah mendirikan sebuah rumah sakit dengan 40 tempat tidur di Makkah. Rumah sakit lain juga didirikan di madinah. Sebuah apotek di lapangan juga siap melayani jamaah haji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement