Ahad 27 Oct 2013 07:00 WIB

Garuda: Delay Terlama Haji Tahun Ini Hanya Tiga Jam

?A Garuda airplane (illustration)
Foto: Antara/Andika Wahyu
?A Garuda airplane (illustration)

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Sebagai maskapai nasional satu-satunya yang menerbangkan jamaah haji ke Tanah Suci, Garuda Indonesia mengklaim berhasil menekan angka delay penerbangan haji tahun ini.

Vice President  Haji, VVIP and Charter Garuda Indonesia Hady Syahrean menjelaskan, selama proses pemulangan yang dimulai 20 Oktober lalu, Garuda mencatat delay terlama hanya tujuan embarkasi Makassar.

“Delay terlama kami tahun ini hanya UPG 1, yang sampai tiga jam. Selebihnya hanya beberapa menit saja. Bahkan untuk hari ini, dari delapan penerbangan yang terjadwal, tujuh diantaranya tepat waktu. Satu lainnya nanti sebentar malam,” jelas Hady, seperti dikutip Media Center Haji (MCH).

Itupun, lanjut Hady, semata karena lambannya proses di imigrasi Saudi Arabia. “Keterlambatan kita untuk UPG 1 karena masalahnya  pengisian bahan bakar pesawat, dan bus pengangkut jamaah dari gate ke pesawat yang lambat,” sebutnya.

Tahun ini Garuda mengoperasikan 12 pesawat dari berbagai tipe. Antara lain, Boeing 747, Boeing 777, dan Airbus seri 300. ‎Pesawat-pesawat tersebut tidak semua milik Garuda, tapi sewaan dari Kanada, Amerika Serikat, Spanyol, Perancis, dan Inggris. Dengan dukungan armada seperti itu, Garuda berhasil menekan delay penerbangan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement