Jumat 05 Sep 2014 18:56 WIB

Mau Tahu Perkembangan Haji di Tanah Suci, Ini Caranya

Jamaah haji dari berbagai memenuhi Masjidil Haram, Makkah.
Foto: Republika/Heri Ruslan/ca
Jamaah haji dari berbagai memenuhi Masjidil Haram, Makkah.

Oleh: Zaky Al Hamzah

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Untuk keluarga jamaah haji yang ditinggalkan di Tanah Air, dan ingin mengetahui perkembangan kerabat dan keluarganya yang berhaji, Kasi Media Center Haji, Rosidin Karidi Ratiban mengatakan, Kementerian Agama menyediakan beberapa media yang bisa diakses atau diikuti secara online seperti situs, twitter, dan facebook.

Pertama adalah melalui situs kemenag.go.id. Di situs ini terdapat kanal khusus "Info Haji". Kanal ini berisi berita-berita terkini terutama dari Arab Saudi, selain pemberitaan jamaah calon haji dari Tanah Air.

Kanal ini juga membuat data mengenai jamaah haji yang meninggal dunia yang antara lain memuat informasi nama, kloter, waktu, dan embarkasi jamaah yang meninggal. Namun data jamaah meninggal mungkin agak terlambat karena pihak Kemenag akan berhati-hati. Data baru dikeluarkan jika sudah ada keterangan atau surat resmi.

Informasi haji juga bisa diperoleh dengan follow twitter @Kemenag_RI. "Akun twitter ini antara lain menyajikan "Infohaji" dan "LiveReportHaji"," katanya di Makkah, Arab Saudi, kemarin.

Untuk facebook, silakan lihat atau like akun Kementerian Agama RI. Khusus untuk Twitter dan Facebook, maka masyarakat bisa melakukan komentar terhadap informasi atau berita yang disajikan. Kemenag siap menjawab dan merespon pertanyaan yang disampaikan lewat akun ini. "Kami menyiapkan petugas untuk menjawab," kata Rosidin.

Informasi lainnya bisa dilihat di kliping.kemenag.go.id yang berisi kliping pemberitaan dari berbagai media massa. n zaky al hamzah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement