Selasa 14 Oct 2014 15:12 WIB

E-Hajj, Solusi Haji (1)

 E-hajj adalah sistem penyelenggaraan haji berbasis elektronik.
Foto: Republika/Yogi Ardhi/ca
E-hajj adalah sistem penyelenggaraan haji berbasis elektronik.

Oleh: Zaky Al Hamzah/c78      

“E-hajj,” kata itu muncul dari pemerintah ketika ditanya soal langkah solutif perbaikan penyelenggaraan haji pada tahun keberangkatan haji selanjutnya.

E-hajj adalah sistem penyelenggaraan haji berbasis elektronik yang diterapkan secara seragam dan serentak, seperti nama paspor, lokasi pemondokan, moda transportasi yang digunakan, perusahaan katering yang disewa, dan jaminan kesehatan.

Pemerintah Arab Saudi menunjuk Indonesia sebagai model pelaksanaan e-hajj 2015. Arab Saudi menilai pengelolaan haji di Indonesia paling siap untuk dijadikan e-hajj.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan, sistem baru tersebut akan diikuti semua negara, termasuk Indonesia. Penerapan sistem tersebut, katanya, juga akan berdampak kepada jamaah.

Tak hanya itu, tuturnya, penerapan e-hajj tahun depan akan mengubah sistem haji di dunia. Transparansi akan meminimalisasi kongkalikong antara oknum dan petugas yang ingin mengambil keuntungan pribadi dalam penyelenggaraan haji dan pada akhirnya memberikan manfaat pada jamaah.

"Kalau kita punya Android, dengan handphone saja kita bisa tahu semua data haji, dari mulai nama, lokasi, kloter berapa, pemondokan di mana, ketika wukuf di mana dan naik bus apa, itu bisa dimonitor, semua bisa tahu," katanya.

Inspektur Jenderal Kemenag M Jasin memaparkan, elektronik haji atau e-hajj pada 2015 harus sudah siap dan terkoneksi dengan program e-hajj Pemerintah Arab Saudi. “Sebab e-hajj berorientasi untuk kemudahan jamaah dan peningkatan kualitas layanan jamaah yang jumlahnya ratusan ribu,” ujarnya.

Dengan e-hajj, lanjut dia, kepastian pelayanan dari segala aspek dapat ditingkatkan. Secara detail, informasi pelayanan dapat ditampilkan dan diakses masing-masing jamaah secara mudah.

Misalnya, jamaah haji menjadi mudah mengetahui kapan mereka berangkat, menggunakan pesawat apa, dan berapa nomor tempat duduk di pesawat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement