Jumat 24 Oct 2014 16:40 WIB

Melihat Peradaban Islam dari Museum Dua Masjid Suci (1)

Salah satu koleksi di Museum Dua Masjid Suci.
Foto: Republika/Priyantono Oemar/ca
Salah satu koleksi di Museum Dua Masjid Suci.

Oleh: Neni Ridarineni

''Exhibition of Two Holy Mosques Architecture Masjdil Haram dan Masjid Nabawi" Itulah tulisan  yang terpampang di dinding kiri dan kanan pintu masuk museum arstiketur di sekitar 10 kilometer dari Masjidil Haram Makkah.

Sebelum memasuki museum tersebut yakni di sebelah kanan dan kiri pintu masuk, berjejar beberapa wadah air zam-zam persis seperti yang ada di Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi. Sehingga pengunjung museum bisa menikmati air zam-zam secara gratis.

Museum ini sangat berbeda dengan museum di Indonesia yang pernah saya kunjungi. Museum kedua masjid ini meskipun tak begitu luas dan koleksinya pun tak sampai ratusan jumlahnya, tetapi setiap benda maupun foto yang dipamerkan sangat berarti.

Apalagi bagi umat Islam di dunia. Karena menggambarkan bagaimana sejarah arsitektur dua masjid suci yang ada di Kota Makkah dan Madinah.

Di museum ini ada koleksi yang sudah ada sejak zamannya Abdullah Ibn az-Zubair, sahabat Nabi Muhammad SAW, yakni tiang kayu salah satu Ka'bah yang dipasang tahun 65 Hijriah.  Di museum ini juga ada tangga kayu ke pintu Ka'bah yang dipergunakan tahun 1240 Hijriah, dan pintu Ka'bah yang dipasang tahun 1363 H.

Sementara itu, di area koleksi yang berkaitan dengan sumur zam-zam, dipamerkan bekas railing sumur zam-zam. Terdapat juga kerek sumur zam-zam lengkap dengan ember dari kuningan yang digunakan untuk menimba air. Saat ini bangunan tua sumur zamzam ini sudah dibongkar ketika dilakukan perluasan Masjidil Haram.

Karena itu, museum ini sangat diminati pengunjung museum yang berasal dari berbagai belahan dunia . Apalagi bersamaan dengan musim haji. Mereka berasal dari  Bangladesh, India, Nigeria, Malaysia, Singapura, Turki, Cina, Thailand, Uzbekistan, Pakistan, dan sebagainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement