Senin 31 Aug 2015 06:44 WIB

40 Calhaj Klaten Gagal Berangkat

Rep: edy setiyoko/ Red: Teguh Firmansyah
Haji
Haji

REPUBLIKA.CO.ID, KLATEN -– Jamaah calon haji (calhaj) tidak selalu mulus menunaikan ibadah ke Tanah Suci. Kendati sudah masuk daftar Calhaj musim haji 2015,beragam hambatan yang membuat batal ibadah ke Mekah. Tercatat 40 Calhaj asal Kabupaten Klaten, Jateng, batal berangkat 14 dan 15 September nanti.

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Klaten, Mustari, Senin (31/8), beragam alasan yang membuat 40 Calhaj tersebut batal ibadah ke Tanah Suci. Di antara alasan, seperti alasan kesehatan yang tidak memungkinkan menunaikan ibadah haji. Atau juga ada alasan kepentingan keluarga mendadak.

Seperti diketahui, menurut daftar Calhaj yang berangkat ke Tanah Suci tahun ini tercatat 800 orang. Namun, karena berbagai alasan tersebut, sehingga hanya menyisakan 760 Calhaj yang diberangkatkan 14 dan 15 September mendatang.

''Jadi,  beragam alasan, seperti, ada gangguan kesehatan yang membuat Calhaj sakit, ataupun ada yang mendadak salah satu keluarganya meninggal. Dan, sebagainya. Sehingga mereka batal berangkat ibadah menuju ke Mekah,'' tambah Mustari.

Menurut Mustari, Kantor Kemenag kini telah melakukan berbagai persiapan, baik untuk proses pemberangkatan hingga calhaj telah berada di Tanah Suci. Sehingga dalam pemberangkatan nanti lancar dan tak ada permasalahan terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement