Senin 28 Sep 2015 04:00 WIB

PPIH Arab Saudi Perluas Wilayah Pencarian Jamaah

Rep: Marniati/ Red: Winda Destiana Putri
Jamaah haji berjalan kaki menuju lokasi melontar jumrah di Mina.
Foto: AP/Mosa'ab Elshamy
Jamaah haji berjalan kaki menuju lokasi melontar jumrah di Mina.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi terus melakukan penyisiran untuk mengetahui keberadaan jamaah haji Indonesia yang belum pulang ke pemondokanya pascatragedi Mina Kamis (24/09) lalu.

Kepala Daker Makkah Arsyad Hidayat mengatakan wilayah pencarian jamaah haji ini akan diperluas.

"Sampai saat ini, penelusuran masih dilakukan di rumah sakit di Makkah. Sedangkan proses identifikasi jenazah dipusatkan di tempat pemulasaraan jenazah al-Mu’aishim," ujar Arsyad Hidayat dalam siaran pers yang diterima Republika, Ahad (27/9).

Ia menjelaskan, perluasan area pencarian akan dilakukan dengan mengecek rumah sakit yang ada di Jeddah. Tidak menutup kemungkinan tim akan melacak atau mencari jamaah di daerah Thaif dan tempat lainnya.

Ia melanjutkan, tim penelusuran dan penyisiran jamaah haji pascaperistiwa Mina ini melibatkan pelbagai unsur PPIH Arab Saudi, yang terdiri dari para pengendali teknis, para Direktur di Direktorat Jender Penyelenggaraan Haji dan Umrah, unsur tim perlindungan jamaah (linjam), unsur tim kesehatan, serta dari unsur perwakilan RI yang ada di Jeddah.

Hingga saat ini, masih terdapat 90 jamaah haji yang belum pulang ke pemondokannya pascatragedi Mina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement