Selasa 29 Sep 2015 08:13 WIB

Imam Shamsi Ali Prihatin Insiden Mina Dikaitkan Isu Suni Syiah

Ambulans membawa jamaah haji korban insiden Mina.
Foto:
Ambulans membawa jamaah haji korban insiden Mina.

Saya mencoba berlogika. Andai benar memang Iran melakukan konspirasi itu. Atau anggaplah memang jamaah Iran sengaja melakukan kekacauan itu. Maka pertanyaan saya adalah kenapa mereka dibiarkan melakukan itu? bisa mereka lakukan kalau memang keamanan haji itu ditangani secara kenapa tidak cukup pengamanan untuk mencegah atau minimal mengantisipasi terjadinya?

Padahal itu dilakukan oleh anggaplah ratusan orang, di hadapan mata jutaan orang, di tempat terbuka, pada hari yang seharusnya memang mendapat perhatian keamanan penuh. Di mana petugas keamanan? Di mana petugas haji yang seharusnya menjaga ketertiban?

Belakangan kita dengarkan jika pihak pemerintah Saudi akan mengeksekusi beberapa orang yang dianggap lalai. Kalau ini benar maka sungguh kezaliman yang luar biasa. Kenapa? Bukankah kejadian itu karena Iran (Syiah)? Lalu kenapa beberapa petugas yang dieksekusi mati? Sungguh murah nyawa manusia memang.

Sekali lagi tanpa bermaksuk memperdebatkan hal ini, hal yang terbaik bagi Saudi lakukan adalah mengakui kesalahan dan kekurangan dalam pengelolahan haji. Dengan mengakui kesalahan dan kekurangan itu pemerintah Saudi akan lebih berkomitmen untuk memperbaiki pelayanan haji dan lebih profesional. Termasuk di dalamya membuka diri untuk menampung keinginan negara-negara Islam lainnya untuk dilibatkan dalam pengelolahan haji ini. Minimal pada tataran "Advisory level" (berfungsi memberi masukan).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement