Ahad 04 Oct 2015 13:52 WIB
Insiden Mina

1.800 Korban Mina Sudah Dimakamkan

Jamaah haji di Mina
Jamaah haji di Mina

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Sebanyak 1.800 jenazah korban tragedi Mina sudah dimakamkan. Mereka dimakamkan di area pemakaman yang terletak di sebelah Pemulasaraan Jenazah Al Muaisim, Mina, Arab SAudi.

Kepala Daerah Kerja Makkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Arsyad Hidayat mengatakan penanggung jawab pemakaman di Al Muaisim menyatakan ada 1.800 jenazah yang sudah dimakamkan sejak pekan lalu. "Termasuk jenazah asal Indonesia," kata dia, seperti dilaporkan wartawan Republika, Ratna Puspita, Ahad (4/10).

Arsyad sempat mendatangi pemakaman di Pemulasaraan Jenazah Al Muaisim pada Sabtu (3/10) malam. Dia menyebutkan lokasi pemakaman berada di sebelah kiri gedung pemulasaraan. "Pemakaman itu dapat menampung sampai sembilan ribu jenazah," ujar dia.

Ada 14 jenazah yang dimakamkan di Pemulasaraan Jenazah Al Muaisim, termasuk seorang asal Indonesia. Pemakamanan dilakukan dengan cara Arab Saudi. "Perbedaannya, tidak ada batu nisan. Hanya batu sebagai penanda makam," kata Arsyad.

Arsyad menyatakan penanggung jawab pemakaman sudah membuat lubang dengan lebar 1,5 meter, panjang 2,5 meter, dan kedalaman 3,5 meter. Kemudian, ada petugas yang meletakkan jenazah di dalam makam.

Lalu, jenazah dimiringkan ke arah kiblat. "Lubang itu seperti parit yang sudah dibeton. Setelah proses selesai, lubang itu ditutup," ujar Arsyad.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement