Jumat 16 Oct 2015 10:24 WIB

Jamaah Haji Banjarmasin Kembali ke Tanah Air

Jamaah haji
Foto: Antara
Jamaah haji

REPUBLIKA.CO.ID,BANJARMASIN -- Sebanyak 358 orang jamaah haji asal kloter pertama Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan pulang ke Tanah Air dengan selamat pada Jumat (16/10) pukul 08.32 WITA di Bandara Syamsuddin Noor.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Kalsel Muhammad Tambrin saat menyambut kedatangan haji daerahnya di Asrama Haji Banjarbaru,  mengungkapkan, jumlah jamaah haji kloter pertama asal Kota Banjarmasin yang sudah pulang ini berkurang saat keberangkatan ke Arab Saudi lalu.

"Berangkat lalu kan sebanyak 360 orang, pulang tinggal sebanyak 358 orang, artinya dua orang yang tidak pulang," paparnya.

Menurut dia, kedua orang jamaah haji yang tidak pulang itu karena wafat saat insiden Mina bernama Ratna Abdul Gani (65 tahun) dan dirawat di RS Arafah bernama Fatimah Abdul Hamid (58).

"Ini memang sudah menjadi duka cita kita semua, moga yang wafat diterima ibadahnya, dan yang hilang segera ditemukan," ucapnya.

Menurut Tambrin, ada beberapa jamaah haji kloter pertama ini saat datang langsung dibawa ke klinik kesehatan Asrama Haji, khususnya jamaah uzur atau lanjut usia.

"Tidak mengalami sakit parah, tapi hanya kelelahan dalam perjalanan dan beribadah di tanah suci, demikian juga dilaporkan tidak ada yang terjangkit virus MERS," ungkapnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa semua jamaah haji yang datang langsung dibawa ke asrama haji untuk proses pemeriksaan kesehatan dan lainnya sebelum dibolehkan pulang ke kampung halaman dengan keluarganya.

"Kami berharap, keluarga jamaah haji yang keluarganya tidak pulang bisa tabah, sebab ini kehendak Allah SWT, moga semuanya menjadi haji mabrur," paparnya.

Menurut dia, hingga hari ini (16/10), berdasarkan data Sistem Komunikasi Haji Terpadu (Siskohat) tercatat 15 orang jamaah haji Embarkasi Banjarmasin telah wafat, yakni sebanyak 6 orang dari Kalsel dan sebanyak 9 orang dari Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang berangkat tergabung di 12 kloter, sebanyak delapan kloter dari Kalsel, sebanyak tiga kloter dari Kalteng, dan satu kloternya gabungan Kalsel Kalteng," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, kata dia, sebanyak 4.182 orang jamaah haji dari Embarkasi Banjarmasin yang berangkat musim haji tahun ini, yakni sebanyak 3.042 orang dari Kalsel dan 1.080 orang dari Kalteng.

"Kepulangan jamaah haji Embarkasi Banjarmasin akan bergilir dari 16 hingga 26 Oktober ini," bebernya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement