Rabu 17 Aug 2016 18:50 WIB

749 Jamaah Haji asal Filipina Tiba di Tanah Suci

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Achmad Syalaby
 Jamaah haji menyaksikan matahari terbenam dari puncak Gunung Jabal Nur saat berziarah ke Gua Hira di luar kota Makkah, Arab Saudi.   (AP/Mosa'ab Elshamy)
Jamaah haji menyaksikan matahari terbenam dari puncak Gunung Jabal Nur saat berziarah ke Gua Hira di luar kota Makkah, Arab Saudi. (AP/Mosa'ab Elshamy)

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH -- Sebanyak 749 jamaah haji asal Filipina telah tiba di Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji. Rencananya, Filipina akan mengirimkan 6.841 calhaj untuk beribadah haji. 

Dilansir dari Arabnews, Rabu (17/8) Konjen Filipina di Saudi Imelda Panolong mengatakan sebelum kedatangan 749 jamaah haji, pihaknya telah menyambut jamaah haji asal Filipina tadi malam. 

"Saya telah menyambut 389 jamaah haji tadi malam yang berasal dari Lanao, Filipina," jelas dia. Mereka terbang menggunakan pesawat Saudi Arabia Airlines. Sebanyak 360 jamaah haji juga telah tiba untuk kloter petama pada Senin pagi (15/8) menggunakan maskapai Philippine Airlines (PAL). 

Rencananya seluruh jamaah haji akan diangkut melalui 19 penerbangan tahun ini. Seharusnya kuota haji Filipina yang diberikan sebanyak 8.000 orang. Namun jamaah haji yang dapat berangkat hanya 6.841 jamaah ditambah dengan delegasi dari Komisi Nasional Muslim Filipina (NCMF) dan tim medis mencapai 7.000 orang. 

"Kuota haji tidak terpenuhi karena banyak diantara mereka yang belum dapat melunasi biaya haji," jelas dia.

Perwakilan NCMF Bashir Sumilang mengatakan seluruh jamaah yang telah tiba di Madinah telah mendapatkan penginapan. "Kami telah memesan 10 hotel untuk jamaah haji Filipina, saya juga telah berkoordinasi untuk fasilitas bagi jamah haji seperti makanan dna transportasi bagi mereka," jelas dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement