Jumat 16 Sep 2016 15:30 WIB

Ini Sosok Simon Collins, Dubes Inggris Pertama yang Naik Haji

Duta Besar Inggris untuk Arab Saudi Simon Collins menjadi duta besar menjabat pertama yang menunaikan ibadah haji di Saudi.
Foto: twitter/alaraby
Duta Besar Inggris untuk Arab Saudi Simon Collins menjadi duta besar menjabat pertama yang menunaikan ibadah haji di Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Nama Simon Collins menjadi perbincangan hangat di beragam media internasional dalam beberapa hari terakhir. Duta Besar Inggris untuk Arab Saudi ini mengonfirmasi telah masuk Islam. Ia pun menunaikan ibadah haji pada musim ini bersama istrinya tercinta.

Collins merupakan sosok diplomat yang sarat pengalaman. Sentuhannya terhadap dunia Muslim sudah cukup lama. Ia sebelumnya sempat menjalani misi diplomatik di Irak dan Suriah.

Istrinya bernama Huda Mujarkesh, seorang Muslim Suriah. Dalam foto yang ramai di media sosial, Collins tampak mengenakan pakaian haji berdampingan bersama Huda.

Foto itu dibagikan oleh aktivis hak asasi manusi Saudi, Fawziah al-Bakar, pada awal pekan ini. Collins merupakan duta besar pertama Inggris yang berangkat haji.

"Duta Besar Inggris untuk Saudi pertama yang berangkat haji setelah masuk Islam. Simon Collins dan istrinya, Huda Mukarjesh, di Makkah. Alhamdulillah," kicau Fawziah.

Baca juga, Simon Collins, Dubes Inggris Pertama di Saudi yang Tunaikan Haji.

Collins ditempatkan di Riyadh sejak 2015. Ia sebelumnya menjadi perwakilan Inggris di Suriah sampai pecahnya perang sipil pada 2011-2012. Ia sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Duta Besar Inggris untuk Qatar dan bagian dari misi diplomatik di Bahrain, Tunisia, India, Yordania, dan Dubai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement