Senin 12 Dec 2016 16:18 WIB

Berkemas Sebelum Umrah

Rep: mgrol84/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Pesawat Haji
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Pesawat Haji

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakaian memang menjadi hal terakhir yang terpikirkan oleh para calon jamaah umrah sebelum memulai perjalanan ke Tanah Suci, Makkah. Banyak jamaah yang meminimalkan barang bawaan karena khawatir akan susah membawanya ketika di sana. Alhasil, mereka pun justru kesulitan karena kekurangan pakaian bersih dan beberapa perlengkapan. 

Berikut tips untuk para jamaah wanita dalam mempersiapkan perlengkapan yang akan dibawa saat beribadah umrah ke tanah suci. 

Syal/Kerudung

Bawalah kerudung dalam jumlah yang banyak. Hal ini karena cuaca panas di Makkah dan akan membuat kerudung basah oleh kerigat. Jangan lupa membawa bandana untu dipakai di dalam kerudung. Bandana bisa membantu agar keringat tidak langsung mengenai kerudung. Tidak masalah jika membawa bandana dalam jumlah sedikit karena barang tersebut mudah untuk dicuci dan cepat untuk mengeringkannya.  

Abaya dan Pakaian Lainnya

Para jamaah wania diharapkan memakai pakaian yang longgar, namun juga harus mementingkan kenyamanan. Bawalah pakaian dalam jumlah yang banyak untuk mengurangi risiko kekurangan pakaian. Jika pakaian yang digunakan basah karena keringat, biasanya para jamaah malas untuk mencucinya. Jadi, bawalah pakaian secara bijak dan sesuai kebutuhan. 

Sepatu dan Alas Kaki

Biasanya para jamaah hanya mengunakan kaus kaki ketika melakukan thawaf di Masjidil Haram, dan sepatu mereka taruh di dalam tas. Usahakan bawa sepatu yang mudah dimasukkan ke dalam tas dan hindari mengunakan sandal. Pada saat umrah, hal yang sering terlupakan adalah membawa sepatu. Padahal sepatu bisa digunakan pada saat mendaki Jabal An-Nur kerana jika memakai alas kaki yang kurang tepat akan menimbulkan luka. 

Tas

Bawalah dua tas yang mudah dibawa ke mana-mana, misalnya tas ransel dan tas tangan. Para jamaah bisa memakai tas ransel ketika melaksanakan ibadah dalam kurun waktu yang panjang. Tas ransel dirasa lebih mudah ketika membawa banyak barang bawaan, seperti buku-buku, makanan kecil, botol minuman, kertas tisu, telepon genggam, dll. Ketika keluar hanya untuk berkunjung sebentar ke masjid, para jamaah bisa menggunakan tas tangan yang lebih kecil.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement