Sabtu 31 Dec 2016 10:39 WIB

Kisah Pulau Rubiah Pelabuhan Karantina Haji Terakhir Sebelum Ke Jeddah

Jamaah haji tempo dulu menggunakan angkutan kapal laut (ilustrasi).
Foto:
Pantai Rubiah Sabang

Pada saat ini,  terutama di musim iburan, khususnya menjelang akhir tahun, kunjungan wisatawan domestik ke Sabang meningkat 25 persen dari hari biasanya.

"Pada libur akhir tahun kunjungan wisatawan meningkat sekitar 25 persen," kata Kepala UPTD Pelabuhan Balohan, Sabang, Abdurrani. Wisatawan domestik yang berkunjung ke kawasan strategis pariwisata nasional Sabang, dominan berasal dari Sumatera Utara dan Pulau Jawa.

Dikatakannya, dampak dari meningkatnya kunjungan wisatawan tersebut maka jadwal pelayaran pun bertambah satu trip dari Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya." Bila pada hari-hari biasa, Kapal KMP BRR (kapal lambat) hanya berlayar dua kali pulang pergi (PP) dari Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya, maka karena terjadi lonjakan wisatawan kami menambahkan trip pelayarak tiga kali PP," jelas Abdurrani.

Ada pun jadwal pelayaran Kapal KMP BRR dari Pelabuhan Balohan, Sabang menuju Pelabuhan Ulee-Lheue, Banda Aceh pukul 07.00, 13.00 dan pukul 19.00 WIB, kemudian sebaliknya pukul 10.00, 16.00, 22.00 WIB. Kapal Cepat Express Bahari berlayar dari Sabang - Banda Aceh pukul 08.00, 14.30 dan 16.00 WIB, lalu dan sebaliknya pukul 09.30 dan 16.00 WIB.

Selain transportasi laut, untuk ke Sabang juga bisa melalui udara dengan menggunakan Maskapai Garuda Indonesia jenis ATR 72-600 dan PT Lion Group jenis Wings Air.

Pelaksana tugas Wali Kota Sabang T Aznal Zahri menyatakan dua maskapai penerbangan (Garuda ATR 72-600 dan Wings Air) melayani rute Kualanamu, Sumatera Utara - Sabang. "Biasanya libur akhir tahun kunjungan wisatawan meningkat drastis ke Sabang dan untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan tersebut dua maskapai sudah siap melayani wisatawan dari Bandara Kualanamu tujuan Sabang," kata Aznal

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement