Jumat 21 Jul 2017 17:45 WIB

Malaysia Siapkan 8 Hotel di Madinah

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Agung Sasongko
Jamaah haji asal Malaysia sudah tiba di Arab Saudi melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Kamis (11/9) (Republika/Zaky Alhamzah)
Foto: Republika/Zaky Alhamzah
Jamaah haji asal Malaysia sudah tiba di Arab Saudi melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Kamis (11/9) (Republika/Zaky Alhamzah)

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Malaysia siapkan delapan hotel di Madinah untuk mengakomodasi jamaah haji, Jumat (20/7). Dewan pendanaan jemaah haji Malaysia, Tabung Haji (TH) mengatakan Malaysia memiliki kuota tambahan jadi sebanyak 30.200 jamaah tahun ini.

 
Direktur Operator TH untuk Madinah, Mohd Nawasi Bostam mengatakan sebelumnya Malaysia hanya menempati tiga hotel. "Dengan bertambahnya kuota, kita siapkan bangunan baru untuk mengakomodasi jamaah Malaysia," kata dia dilansir New Strait Times, Sabtu (21/7).
 
Persiapan ini sudah dimulai sejak Februari. Mulai dari pertemuan dengan otoritas Saudi, operator hotel, maskapal, dan travel lokal. Semua hotel akan berlokasi antara 50-300 meter dari Masjid Nabawi. 
 
Hotel-hotel ini dikelompokkan dalam tiga zona dari sebelumnya dua zona. Setiap zona menyediakan layanan penuh, termasuk medis, finansial, pos, konseling hingga fasilitas komunikasi. 
 
"Semua zona TH dan layanan terkait sudah beroperasi sebelum gelombang pertama haji Malausia tiba di Madinah pada 24 Juli," kata Nawawi. Lebih dari 200 staf TH sudah berada di sana sejak 15 Juli untuk mempersiapkan keperluan operasi.
 
Termasuk diantaranya tenaga teknologi informasi, pusat medis, akomodasi dan transportasi. Tim media juga sudah siap dengan beragam outlet informasi yang akan menyebarkan berita tentang musim haji tahun ini.
 
Total ada 600 staf TH yang akan disebar di Mekkah dan Madinah. Mereka bertugas mengakomodir kebutuhan jamaah Malaysia selama musim haji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement