Jumat 21 Jul 2017 18:15 WIB

Gelombang Pertama Haji dari India Berangkat 24 Juli

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Agung Sasongko
Jamaah calon haji India
Foto: indianexpress
Jamaah calon haji India

IHRAM.CO.ID, GUWAHATI -- Keberangkatan jamaah calon haji pertama dari India akan dilaksanakan pada 24 Juli. Total 4.472 jamaah dari lima negara bagian termasuk dalam keberangkatan gelombang pertama.

Mereka berangkat ke Arab Saudi dibawah panduan dari Joint State Haj Committee and Northeast Haj Reception Committee. Kepala komite, Nekibur Zaman mengatakan kelompok terbang pertama berangkat dari Guwahati ke Madinah.
 
Kloter pertama berangkat pada 24 Juli. Perjalanan kloter berikutnya dilanjutkan hingga 31 Juli. "Per harinya, 600 jamaah diberangkatkan ke Madinah dari Guwahati," kata dia dilansir Times of India.
 
Komite telah mengatur persiapan keberangkatan jamaah dari sejumlah daerah ke Guwahati. Mereka menentukan titik kumpul di Meghalaya, Arunachal Pradesh, Mizoram, Nagaland, Manipur and Sikkim at Haji Mushafirkhana.
 
Pada malam sehari sebelum keberangkatan, akan ada program pelepasan. Sejumlah pejabat akan hadir untuk melepas para jamaah. Dilansir Saudi Gazzette, India mengirimkan sekitar 170 ribu jamaah ke Saudi.
 
Sebanyak 125 ribu jamaah terbagi dalam 21 embarkasi di seluruh India yang diatur pemerintah. Sementara 45 ribu lainnya merupakan jamaah haji khusus dibawah naungan operator tur swasta.
 
Selain jamaah, pemerintah India juga mengirim 600 petugas haji. Selain itu tambahan tim medis sebanyak 50 orang. Termasuk 25 dokter. Akan ada 33 mualim dan satu Qadimul Hujjaj per 200 jamaah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement