Senin 24 Jul 2017 18:00 WIB

Paspor Haji Sukabumi Rampung 100 Persen

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Agung Sasongko
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi Thinus Sidalle.
Foto: riga nurul iman/republika
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi Thinus Sidalle.

IHRAM.CO.ID,SUKABUMI -- Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi sudah merampungkan pelayanan paspor haji calon jemaah haji (Calhaj) dari Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Kondisi ini dikarenakan persyaratan yang disampaikan para calhaj sudah lengkap.

Pelayanan paspor calon jemaah haji di wilayah Sukabumi dan Cianjur sudah rampung dari bulan kemarin, terang Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi Thinus Sidalle kepada Republika.co.id, Senin (24/7). Proses pelayanan paspor haji ini lanjut dia mulai dilakukan sejak Februari 2017 lalu.
 
Menurut Thinus, total jumlah calhaj yang membuat paspor haji di Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi mencapai sebanyak 3.264 orang. Rinciannya terang dia calhaj Kota Sukabumi sebanyak 257 orang, Kabupaten Sukabumi sebanyak 1.625 orang dan Kabupaten Cianjur sebanyak 1.382 orang.
 
Intinya terang Thinus sudah tidak ada sisa calhaj yang diproses oleh Imigrasi karena sudah selesai semua. Meskipun demikian kata dia Kantor Imigrasi siap memberikan pelayanan apabila dalam beberapa hari mendatang ada satu dua calhaj yang terhalang membuat paspor karena sakit.
 
Thinus mengatakan, pada saat pelayanan paspor haji beberapa waktu lalu petugas menyiapkan layanan khusus di Lantai Dua Kantor Imigrasi Sukabumi. Sehingga lanjut dia layanan paspor haji dengan umum dipisahkan.
 
Bagi calhaj yang lansia dan kekurangan secara fisik ada layanan khusus yang disediakan petugas, cetus Thinus. Pasalnya kata dia calhaj tersebut tidak bisa naik turun tangga.
 
Thinus mengakui, layanan paspor haji tahun ini berjalan secara lancar dan tidak menemui kendala sehingga selesai tepat pada waktunya. Kondisi ini ungkap dia dikarenakan kerjasama yang baik dengan Kementerian Agama (Kemenag). 
 
Selain itu ujar Thinus, petugas Imigrasi tidak menemui kendala dalam persyaratan yang disampaikan para calhaj. Hal ini kata dia disebabkan para calhaj telah mempersiapkan persyaratan dengan baik.
 
Beberapa kendala yang dikhawatirkan seperti jaringan internet, Alhamdulillah tidak ada gangguan, ungkap Thinus. Ke depan ia berharap proses pemberangkatan para calhaj pun dapat berjalan dengan lancar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement