Senin 09 Oct 2017 11:05 WIB

Wanita India 45 Tahun ke Atas Boleh Berhaji tanpa Mahram

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agus Yulianto
Jamaah asal India membagikan masker gratis kepada jamaah haji di Masjid Nabawi jelang maghrib, Selasa (15/8).
Foto: Republika/Ani Nursalikah
Jamaah asal India membagikan masker gratis kepada jamaah haji di Masjid Nabawi jelang maghrib, Selasa (15/8).

IHRAM.CO.ID, NEW DELHI -- Komite Haji mengusulkan wanita India berusia di atas 45 tahun tanpa pendamping pria. Komite Haji juga akan menghapus subsidi haji sesuai arahan Mahkamah Agung India tahun 2012.

Dilansir dari Dhaka Tribune, Senin (9/10), berdasarkan kebijakan haji saat ini, wanita yang tidak memiliki pendamping laki-laki, tidak diizinkan untuk berhaji. Kebijakan tersebut dapat berubah jika Kementerian Minoritas menerima usulan tersebut.

Pemerintah India memberikan kuota khusus untuk pendamping wanita ini sebanyak 200 orang. Namun, petugas menaikkan hingga 500 orang.

Laki-laki yang termasuk mahram sebagai pendamping adalah untuk wanita yang berusia di bawah 45 tahun. Sedangkan, wanita berusia di atas 45 tahun yang berhaji tanpa mahram harus berkelompok minimal empat orang atau lebih.

Selain kebijakan tersebut, Komite Haji juga akan menghapus subsidi haji sesuai arahan Mahkamah Agung India tahun 2012. Penghapusan subsidi ini salah satunya berpengaruh pada berkurangnya embarkasi dari 21 titik menjadi sembilan embarkasi saja.

Salah satu cara untuk mengurangi subsidi adalah mengurangi biaya bagi jamaah per orang. Mereka akan menggunakan jalur laut sebagai salah satu solusi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement