Selasa 06 Feb 2018 14:51 WIB

Saudi Berikan Pengamanan Lebih Bagi Jamaah Haji Indonesia

Pemerintah Saudi ingin memastikan kelancaran penyelenggaraan ibadah haji

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Agus Yulianto
Salah satu rombongan jamaah haji khusus asal Indonesia.
Foto: Dok Patuna Travel
Salah satu rombongan jamaah haji khusus asal Indonesia.

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi mengatakan, Pemerintah Saudi memberi pengawasan dan pengamanan lebih pada jamaah haji asal Indonesia. Pemerintah Saudi berkomitmen memberi fasilitas terbaik untuk jamaah haji asal Indonesia.

"Sehubungan dengan negara Indonesia yang memiliki jamaah terbesar di Asia Tenggara, pihak Saudi memantau dan menjaga lebih," kata dia di Kedutaan Saudi, Jakarta, Selasa (6/2).

Baca Juga: Osama: Makkah dan Madinah Hanya Boleh Dikunjungi Umat Islam

Dia mengatakan, pemerintah Saudi berkomitmen memberi fasilitas terbaik untuk jamaah haji asal Indonesia. Secara keseluruhan, dia menjelaskan, setiap tahun pemerintah Saudi ingin memastikan kelancaran penyelenggaraan ibadah haji.

"Setiap tahunnya, pemerintah Saudi meninjau pesiapan, melihat dari pengalaman sebelum-sebelumnya," ujar dia.

photo
Fakta dan data jamaah haji Indonesia

Salah satu yang menjadi fokus, Osama mengatakan, yakni tenda, keamanan, dan logistik. Dia memastikan, pemerintah Saudi selalu menginspeksi kesiapan item-item yang berhubungan dengan kunjungan terbesar dari Muslim di seluruh dunia.

Dari sisi kemanan, Osama mengatakan, pemerintah Saudi memberikan pemantauan lebih intensif kedatangan dari dua negara, yakni Qatar dan Iran. Hal itu tak lain untuk memberi kenyamanan jamaah haji di Tanah Suci.

"Pemantauan itu juga menjadi upaya mengantisipasi pembentukan gerakan-gerakan tersendiri. Arab Saudi bisa antisipasi untuk masalah tersebut," kata Osama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement