Ahad 22 Jul 2018 12:26 WIB

Tinggi, Permintaan Haji Badal di Malaysia

Layanan badal haji diperkenalkan di Malaysia sejak 1999.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Agung Sasongko
Calon jamaah haji Malaysia
Foto: Malaysian Digest
Calon jamaah haji Malaysia

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Tabung Haji (TH) telah menerima 4,927 permintaan untuk haji badal tahun ini. Jumlah tersebut tertinggi dari yang selama ini tercatat dan TH akan berusaha memenuhi semuanya.

Haji Badal adalah haji yang dilakukan atas nama seseorang yang sudah meninggal atau tidak sehat secara fisik. TH mulai menawarkan layanan ini mulai tahun 1999.

Orang yang akan melakukan haji atas nama orang lain dikenal sebagai mahmoor. Sementara orang yang dihajikan oleh orang lain dikenal sebagai aamir.

Direktur operasi TH, dilansir New Straits Times, Sabtu (21/7), Tengku Aziz Raja Abdullah mengatakan pemilihan mereka yang melakukan badal haji didasarkan pada wawancara.

"Setelah kami seleksi bahwa mereka memenuhi syarat untuk melakukan haji, kami akan memasukkan nama mereka di database kami," katanya.

TH telah mengkomputerisasi sistem badal haji dan menyimpan database mereka yang telah diwawancarai memenuhi syarat di tahun-tahun sebelumnya. Sekarang TH memiliki 5.600 orang dalam database.

"Tahun ini, beberapa dari mereka dalam database kami harus meninggalkan Arab Saudi karena masalah dengan izin tetapi insyaAllah, kami akan dapat memenuhi semua permintaan tahun ini," katanya kepada media Malaysia di markas besar TH di Abraj Al-Janadriyah.

photo
Data dan Fakta Jamaah Haji Dunia

Dia mengatakan semua Muslim dipersilakan untuk melaksanakan haji badal. Tetapi mereka harus melakukan haji untuk diri mereka sendiri terlebih dahulu.

Pelamar, tambahnya, tidak hanya dari Malaysia tapi juga berasal dari Thailand dan Indonesia, serta penduduk setempat Saudi. Aplikasi untuk badal haji dibatasi 5.000 per tahun dengan biaya masing-masing sekitar 3.000 ringgit Malaysia atau 2.400 riyal Saudi.

Tengku Aziz mengatakan tahun ini tidak akan ada tanggal penutupan untuk aplikasi dari orang Malaysia yang menginginkan badal haji untuk anggota keluarga mereka. Sebelumnya, kebijakan tersebut diterapkan.

"Kami akan mengambil semua aplikasi tetapi hanya hingga 5.000 slot yang akan dilakukan tahun ini, dengan sisanya akan dilakukan tahun depan," katanya.

Mahmoor dibayar 2.400 riyal untuk melakukan badal haji. Dengan ketentuan 1.000 riyal diberikan di awal dan sisanya 1.400 riyal setelah selesai wukuf.

"Pada saat mereka menerima pembayaran kedua, kami akan mewawancarai mereka lagi. Dengan begitu, kami dapat memantau apakah mereka telah menyelesaikan haji dengan benar atau tidak," katanya.

Pelamar haji badal tampak mengantri panjang di lobi Abraj Al-Janadriyah dalam beberapa hari terakhir. Badal haji hanya dapat dilakukan oleh pria untuk pria dan perempuan untuk perempuan lainnya.

Salah satu pelamar adalah Yaacob Ramli dari Pattani, Thailand. Ia mengatakan telah melakukan badal haji selama delapan tahun terakhir untuk TH. Proses pelamaran, wawancara, dan proses pembayaran selalu lancar.

Namun, menurutnya, meskipun ia telah melakukan haji berkali-kali atas nama orang lain, pengalaman setiap kali berhaji selalu menantang dan berbeda. "Saya menganggapnya sebagai ujian iman," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement