Jumat 03 Aug 2018 07:07 WIB

Arab Saudi Larang Unta Masuk Makkah

Kementerian Lingkungan Hidup menyebut kebijakan ini cegah penyakit menular

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Unta
Foto: Reuters/Mohamed Alhwaity
Unta

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Arab Saudi melarang lima kendaraan bermuatan unta memasuki Makkah pada Kamis (2/8). Kebijakan ini diterapkan dalam upaya melindungi para jamaah haji dari penyakit menular yang berasal dari unta seperti MERS.

Menurut kantor berita Saudi, SPA, Direktur cabang Kementerian Lingkungan Hidup, Air, dan Pertanian di Makkah, Omar Al Faqih mengatakan kebijakan ini keputusan Kementerian Kesehatan. Sebagai langkah preventif untuk mencegah penyakit menular.

Kementerian Kesehatan juga melarang pemotongan unta di Makkah untuk melindungi kesehatan para jamaah. Pada saat puncak haji, jutaan orang dari seluruh dunia akan berkumpul di kota suci Makkah sehingga kemungkinan penularan penyakit akan tinggi.

photo
Pengembala menuntun untanya di wilayah Wadi Al Jinn, Madinah. Mereka biasanya berhenti mengembalakan unta sampai batas jalan raya

Dilansir Eagle Online Nigeria, unta telah terbukti menjadi sumber dari Koronavirus Saluran Pernafasan Timur Tengah atau MERS yang telah membunuh ratusan orang di Arab Saudi sejak kasus terdiagnosis pertama pada tahun 2012. Kerajaan telah menyaksikan penurunan besar dalam kasus MERS baru.

Kematian akibat virus telah menurun tajam berkat tindakan cepat yang diambil oleh otoritas Saudi dan bekerja sama dengan organisasi kesehatan internasional. Pada 2017, lebih dari 2,3 juta jamaah melakukan Haji di Mekkah.

Statistik yang dirilis pada hari Kamis (2/8) oleh Direktorat Jenderal Paspor menunjukkan bahwa jumlah peziarah asing yang sudah berada di Makkah tahun ini telah mencapai 603.764 orang. Jumlah tersebut masih akan bertambah seiring dengan kedatangan jamaah di gelombang kedua.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement