Kamis 09 Aug 2018 20:34 WIB

Indramayu Dipastikan Jadi Embarkasi Haji

Pembangunan embarkasi haji direncanakan dimulai pada awal 2020.

Rep: lilis sri handayani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi
Foto: Republika/Sapto Andiko Condro
Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, INDRAMAYU -- Kabupaten Indramayu dipastikan jadi lokasi embarkasi haji. Proses pembangunan embarkasi haji tersebut direncanakan dimulai pada awal 2020.

Kepastian itu disampaikan Kepala Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat melalui Kepala Bidang Urusan Haji, Azam Mustazam yang diutarakan langsung kepada Bupati Indramayu, Anna Sophanah di Pendopo Kabupaten Indramayu, Rabu (8/8). Azam menjelaskan, penetapan Kabupaten Indramayu sebagai daerah yang akan dibangun embarkasi haji merupakan keputusan final.

Penetapan itu pun saat ini tinggal menunggu tanda tangan dari Direktur Jenderal  Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Nizar Ali yang sedang menunaikan ibadah haji. "Indramayu paling siap dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya karena sudah siap menghibahkan tanahnya sekitar tujuh hektare untuk embarkasi haji," ujar Azam.

Tanah yang disediakan Pemkab Indramayu itu dinilai sangat luas. Jumlah itu jauh lebih luas dibandingkan embarkasi haji Bekasi yang hanya tiga hektare.

Menurut Azam, saat ini ia sedang menyiapkan dokumen perencanaan pembangunan embarkasi serta berbagai dokumen pendukung lainnya. Ada persepsi dan komitmen yang harus diselaraskan antara Pemkab Indramayu dengan Kementerian Agama.

Azam mengungkapkan, salah satu hal yang harus segera disiapkan adalah proses pelepasan tanah atau hibah dari Pemkab Indramayu kepada Kementerian Agama. "Untuk pembangunan awal akan dilaksanakan dengan membangun asrama, masjid, dapur, dan poliklinik. Sedangkan tahun berikutnya, akan dilakukan pengembangan," kata Azam.

Bupati Indramayu Anna Sophanah mengatakan, masyarakat Indramayu sangat antusias dalam menyambut rencana pembangunan Embarkasi Haji yang berlokasi di Kecamatan Lohbener tersebut. Keberadaan embarkasi tersebut akan berdampak positif bagi perkembangan ekonomi di daerah sekitarnya. 

"Dalam waktu dekat ini, kami akan melayangkan surat ke DPRD Indramayu terkait pelepasan aset daerah kepada Kementerian Agama untuk pembangunan embarkasi haji," kata Anna.

Rencana beroperasinya BIJB Kertajati, Kabupaten Majalengka sebagai tempat pemberangkatan haji membutuhkan embarkasi haji. Kabupaten Indramayu sebagai ‘tetangga’ pun siap dan layak menjadi embarkasi haji. 

Kesiapan dan kelayakan Kabupaten Indramayu untuk dibangun embarkasi haji pun telah ditinjau langsung oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Nizar Ali, Senin (28/5). Dia pun telah melihat langsung tanah yang disiapkan Pemkab Indramayu untuk dibangun embarkasi haji tersebut.

Peninjauan lokasi itu merupakan tindak lanjut atas usulan dari Bupati Indramayu, Anna Sophanah, yang telah melakukan ekspose usulan pembangunan embarkasi haji di Kabupaten Indramayu, di Jakarta, pada 14 Mei 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement