Kamis 20 Sep 2018 07:19 WIB

80 Persen Jamaah Haji Surakarta Sudah Pulang

Jumlah jamaah haji Surakarta yang meninggal dunia di Tanah Suci 60 orang.

Ilustrasi
Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, BOYOLALI -- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Derbarkasi Surakarta hingga kedatangan rombongan kloter 77 telah memulangkan sekitar 80 persen haji asal Jawa Tengah dan DI Yogyakarta ke daerah masing-masing.

"Jumlah jamaah haji yang telah dipulangkan ke daerahnya hingga kloter 77 ini, ada sebanyak 27.563 orang atau sekitar 80 persen dari 34.112 orang yang diberangkatkan ke Tanah Suci tahun ini," kata Kepala Sub Bagian Humas PPIH Derbarkasi Surakarta, Afief Mundzir, di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Kamis (20/9).

Ia mengatakan PPIH Debarkasi Surakarta pada Kamis ini, dijadwalkan memulangkan rombongan haji kloter 76 asal Kabupaten Semarang, 77 (Semarang dan Salatiga), 78 (Salatiga dan Drmak), dan 79 (Demak). Dua kloter sudah tiba dan mendarat di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, pada pukul 01.05 WIB dengan membawa 359 orang, kemudian disusul kloter 77 pada pukul 03.25 WIB dengan 359 penumpang. Kedua kloter itu setelah setiba di Asrama Haji Donohudan langsung dijemput bus dari daerah untuk kembali ke kampung halamannya.

"Haji kloter 78 dan 79 dijadwalkan akan tiba di Tanah Air, sekitar pukul 22.10 WIB dan 23.35 WIB," kata Afief Mundzir.

Berdasarkan data yang diterima melalui Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) di Asrama Haji Donohudan Boyolali, jumlah jamaah haji asal Debarkasi Surakarta yang meninggal dunia di Tanah Suci 60 orang. Sebanyak tujuh orang masih dirawat di rumah sakit, sehingga tertunda kepulangannya.

Setiba di Tanah Air, jamaah kemudian dirujuk dan dirawat di Rumah Sakit Umum Dr. Moewardi Solo, lima orang. "Haji yang masih dirawat di RS Arab Saudi akan dipulangkan ke Tanah Air, jika sudah mendapatkan rekomendasi dari tim dokter yang merawat," katanya.

Dia menjelaskan jamaah yang masih dirawat di rumah sakit di Arab Saudi, jika pemulangan penyelenggaraan ibadah haji sudah selesai, mereka akan dinaikkan dengan pesawat terbang reguler ke Tanah Air.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement