Rabu 03 Oct 2018 14:03 WIB

Evaluasi Haji Diharapkan Muncul Inovasi-Inovasi Baru

Kepatuhan jamaah memberikan kontribusi besar bagi kelancaran dan keberhasilan haji.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Haji
Haji

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Evaluasi penyelenggaraan haji 2018 diharapkan menjadi motivasi pelaksanaan haji tahun depan. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam pembukaannya di rapat kerja nasional (Rakernas) berharap setiap tahunnya muncul inovasi-inovasi baru untuk menyempurnakan pelaksanaan haji.

"Apa yang sudah kita dapatkan dan kita laksanakan serta capaian yang ada, harus disyukuri. Salah satu cara kita bersyukur atas hasil penyelenggaraan dengan senantiasa berinovasi. Inovasi ini bentuk rasa syukur atas capaian-capaian yang sudah kita raih," ujar Menag Lukman Hakim, Selasa (2/10).

Menag pun mengapresiasi bagi semua pihak yang telah bekerjasama dalam penyelenggaraan haji 2018 ini. Kontribusi dan sumbangsih yang diberikan berperan besar dalam kelancaraan dan kesuksesaan penyelenggaraan.

Sinergi antar kementerian serta lembaga sangat terasa ketika pelaksanaan haji berlangsung. Ketika berada di Tanah Suci, tiap petugas tidak lagi terpaku pada nama dan institusi masing-masing melainkan langsung berbaur dan memiliki kesadaran sebagai bangsa Indonesia yang satu.

Kerja sama yang diberikan oleh jamaah haji Indonesia pun disebut membawa signifikansi dalam pelaksanaan dan pelayanan haji. Jamaah tahun ini dirasa ada peningkatan baik dalam tingkat kedisiplinan dan kepatuhan terhadap regulasi serta pedoman yang telah ditetapkan.

"Kepatuhan jamaah memberikan kontribusi besar bagi kelancaran dan keberhasilan penyelenggaraan haji. Apresiasi saya berikan kepada jamaah kita yang tahun ke tahun meningkat sinergitasnya," ujarnya.

Tak lupa Menag mengucapkan terima kasih atas bantuan dan perhatian dari Pemerintah Arab Saudi selaku tuan rumah. Banyak kemudahan yang telah diberikan dari pemerintah tersebut kepada jamaah haji Indonesia 2018.

Kepada seluruh petugas yang telah bekerja dan menyediakan waktu serta tenaganya, Lukman mengapresiasi mereka. Dedikasi dan komitmen petugas disebut sungguh membanggakan.

Ia berharap ke depanya capaian tahun ini bisa dijaga dan dipelihara sebaik-baiknya. Tidak semata-mata hanya bisa diraih pada tahun ini, pun untuk tahun depan capaian ini bisa lebih dikembangkan.

"Mudah-mudahan hal tersebut bisa dijaga dan dipelihara sebaik-baiknya. Kerja sama, koordinasi, dan komunikasi bisa dijaga dan dikembangkan ke tahun-tahun mendatang," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement