Rabu 17 Jul 2019 17:00 WIB

278 Calhaj Sukabumi Diberangkatkan ke Tanah Suci

Ratusan jamaah calon haji asal Kota Sukabumi ini tergabung dalam Kloter 37 JKS.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Agung Sasongko
Keberangkatan Haji
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Keberangkatan Haji

IHRAM.CO.ID, SUKABUMI -- Sebanyak 278 orang calon haji Kota Sukabumi diberangkatkan dari Gedung Juang 45 ke embarkasi di Bekasi, Selasa (16/7). Ratusan calon haji akan berangkat ke tanah suci pada Rabu (17/7).

Ratusan jamaah calon haji asal Kota Sukabumi ini tergabung dalam Kloter 37 JKS. Mereka akan bergabung dengan sebanyak 126 orang calhaj asal Kota Bandung.

Pelepasan dan pemberangkatan calon jamaah haji dilakukan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Selain itu hadir Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro, dan Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Kav Mujahidin.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, haji adalah ibadah unik karena tidak semua orang berkesempatan untuk melaksanakan ibadah haji. Hal ini karena seseorang bisa beribadah haji bukan karena kondisi miskin dan kaya maupun sehat atau tidak sehat.

‘’Karena bukan yang punya uang pasti bisa beribadah haji, Banyak yang mampu akan tapi tidak ditakdirkan berhaji,’’ cetus Fahmi.

Akan tetapi haji adalah takdir karena diundang langsung oleh Allah SWT. Oleh karena itu syukurilah bagi yang bisa berhaji tahun ini karena mendapatkan kesempatan luar biasa setelah menunggu bertahun-tahun.

Terlebih kata Fahmi, seseorang bisa daftar ibadah haji lagi setelah 10 tahun sehingga pada 2029 bisa mendaftar. Jika ditambah waiting list saat itu 16 tahun, maka bisa berangkat dengan menunggu selama 26 tahun.

‘’ Pemkot tentunya berbahagia karena akan melepas 278 tamu Allah, keinginannya kuota 500 tetap karena kuota dibatasi hanya bisa memberangkatkan 278,'' ungkap Fahmi. Harapan pemda semoga calhaj selama rangkaian ibadah Allah memberikan kesehatan, kemudahan, dan kelancaran dalam rangka rangkain ibadah haji.

Pemkot lanjut Fahmi menitipkan doa agar Sukabumi yang religiis nyaman dan sejahtera dapat terwujud. Sebaliknya pemkot berdoa agar para calon jamaah haji bisa sehat dan lancar menjalankan ibadah serta pulang ke tanah air dalam kondisi serupa pada 27 Agustus mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement