Selasa 30 Jul 2019 12:42 WIB

170 Calhaj Asal Bangladesh Tertipu Travel Haji

170 calhaj ini seharusnya berangkat 26 Juli kemarin.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Jamaah haji Bangladesh.
Foto: Daily Sun
Jamaah haji Bangladesh.

IHRAM.CO.ID, DHAKA -- Dua operator haji asal bangladesh melakukan penipuan terhadap 170 calon jamaah haji asal negara tersebut. Dilansir di thedailystar.net, Selasa (30/7) mereka dijadwalkan terbang pada 26 Juli. Tetapi setelah mereka tiba di Kamp Haji Ashkona, mereka mengetahui bahwa mereka belum mendapatkan visa.

Kebanyakan dari mereka berasal dari Khulna dan Bagerhat. Seorang calhaj Azizul Islam mengatakan masing-masing dari mereka membayar Tk 3,20 lakh hingga Tk 3,60 lakh ke dua operator haji Swadesh Aviation dan Bidesh Bhraman melalui pemimpin kelompok bernama Shamsuzzaman Toha, wakil kepala sekolah madrasah Bagerhat.

Baca Juga

“Saya sudah bersiap untuk melakukan haji sejak 2017. Setelah menyimpan uang yang dibutuhkan, saya merencanakannya tahun ini. Penerbangan saya pada 26 Juli. Tetapi setelah datang ke kamp haji, saya mengetahui bahwa visa kami belum lengkap, ”katanya dengan suara tercekat.

Swadesh Aviation mengatakan kepada mereka bahwa pemimpin kelompok tidak membayar agen haji dan telah menyalahgunakan sebagian besar dari jumlah tersebut.

Ehsan Hossain, calon haji lainnya, mengatakan dua operator haji sekarang menuntut tambahan Tk 50 ribu hingga Tk 60 ribu dari masing-masing dari mereka untuk menyelesaikan visa dan prosedur lainnya. Sejak 26 Juli, orang-orang itu telah tinggal di kamp haji dan hotel yang berbeda di dekat Perkemahan itu, kata mereka, menambahkan bahwa ponsel Toha ditemukan dimatikan setelah mereka memasuki kemah.

Khairul Islam Thakur, pemilik Swadesh Aviation, mengatakan kepada koresponden ini bahwa Toha, pemilik Saudi Bangla, melalui perantara mengumpulkan uang dari 170 calhaj Khulna dan Bagerhat yang dituju.

Karena agen haji Toha tidak memiliki pendaftaran untuk mengirim calon haji ke Arab Saudi tahun ini, ia menghubungi Swadesh Aviation dan Bidesh Bhraman untuk mengirim 170 jemaah haji ke Mekah, kata Khairul.

"Tapi faktanya Toha tidak membayar kita. Itu sebabnya kami tidak bisa menyelesaikan semua prosedur, termasuk menyewa rumah atau hotel di Arab Saudi. Visa mereka tidak dapat dilakukan, "tambahnya.

Shahadat Hossain Taslim, presiden Asosiasi Agen Haji Bangladesh (Haab), mengatakan karena intervensi cepat dari Haab dan kementerian urusan agama, 108 dari 173 calon haji dikirim ke Arab Saudi dalam tiga hari terakhir.

"Kami berharap mengirim sisanya ke Arab Saudi," tambahnya.

Sementara itu, pemilik Penerbangan Swadesh mengatakan polisi menahan Toha kemarin. "Polisi berusaha untuk mengambil kembali uang yang ia ambil dari para calon haji."

Pemilik Bidesh Bhraman Omar Faruq tidak dapat dihubungi karena ia tidak menerima panggilan telepon.Seorang pejabat tinggi kementerian urusan agama mengatakan kepada koresponden ini, mereka tidak akan mentolerir jika kedua lembaga akhirnya gagal mengirim jemaah haji mereka ke Arab Saudi.

Tidak ingin disebutkan namanya, pejabat itu menambahkan bahwa kementerian itu mengambil langkah-langkah yang diperlukan sehingga calon haji terbang ke Mekah.

Sekitar 1,27 lakh orang Bangladesh dijadwalkan melakukan haji tahun ini yang kemungkinan akan diadakan pada 10 Agustus, tergantung pada penampakan bulan baru. Sekitar 90 ribu pergi ke Arab Saudi pada kemarin dengan maskapai Biman Bangladesh dan Saudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement