Rabu 18 Dec 2019 20:01 WIB

IHRAM Republika Mudahkan Layanan Umrah Secara Daring

IHRAM Republika menggandeng 19 agen travel umrah.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah
IHRAM Republika menyediakan layanan perjalanan umrah melalui fasilitas daring. Foto ilustrasi umrah
Foto: Ihram TV/Sadly Rachman
IHRAM Republika menyediakan layanan perjalanan umrah melalui fasilitas daring. Foto ilustrasi umrah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Republika sejak satu tahun terakhir berusaha mengembangkan market place yang bergerak di jasa perjalanan umrah melalui aplikasi IHRAM. Akhir tahun ini, IHRAM berhasil memberangkatkan jamaahnya menuju tanah suci. 

Project Manager IHRAM Republika, Suherdi Riki ,menyebut saat ini aplikasi tersebut sudah menggandeng 19 agen perjalanan umrah. Sebanyak 19 agen perjalanan ini berasal dari wilayah sekitaran Jakarta.  

Baca Juga

"Sampai saat ini sudah tercatat ada 19 travel yang menjadi mitra kita. Kemarin sudah ada jamaah kita yang kembali dari tanah suci," ujar Riki kepada Republika.co.id, Rabu (18/12). 

Pengembangan aplikasi IHRAM yang awalnya sebagai pusat informasi serta panduan haji dan umrah dilakukan agar mempermudah jamaah dalam mencari agen perjalanan yang sesuai dengan keinginan. Selain itu IHRAM ingin menyediakan pilihan perjalanan umrah yang aman, di luar kasus-kasus yang ada. 

Untuk masalah pembayaran, Riki menyebut sesuai peraturan pemerintah yang baru yakni Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) No 323 tahun 2019 tentang Pedoman Pendaftaran Jamaah Umrah, jamaah terlebih dahulu membayar uang muka sebesar Rp 10 juta. 

Uang tersebut dibayarkan ke IHRAM Republika. Sisa pembayaran baru dibayarkan setelah jamaah berangkat ke tanah suci. "IHRAM ini adalah market place untuk teman-teman travel ada tempat lagi berjualan. Nantinya jamaah bebas memilih mau menggunakan jasa agen perjalanan yang mana dan paket apa," lanjut Riki.  

Dia juga menyebut ke depan IHRAM Republika akan semakin tumbuh dan berkembang. Tidak hanya menyediakan pedoman seputar haji dan umrah serta market place bagi biro perjalanan, aplikasi ini akan menyediakan tempat untuk jual-beli oleh-oleh haji dan umrah serta pengembangan wisata religius. 

Perihal pilihan agen perjalanan, dia mengatakan sejauh ini masih bekerja sama dengan travel di Jakarta. Namun ke depan akan dilakukan pengembangan dengan menggandeng travel yang ada di daerah. 

"Kita ke depan akan jemput bola. Kita akan ekspansi ke daerah. Kita lihat pasar di daerah ini besar, apalagi di Jawa Timur," ucapnya.  

Salah satu jamaah yang berangkat umrah menggunakan aplikasi IHRAM Republika, Sarah Fardhani menyebut dirinya merasa terbantu dengan aplikasi ini. Dari proses awal pendaftaran hingga kepulangannya bisa berjalan dengan lancar. "Aplikasi ini memudahkan. Semuanya gampang. Selama proses ibadah haji di tanah suci juga lancar," ujarnya.

Dia menilai ada banyak keuntungan dari menggunakan aplikasi ini. Salah satunya, dia bisa memilih agen perjalanan umrah yang diinginkan dengan mudah tanpa perlu membandingkan lagi dengan yang ada di luar. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement