Kamis 02 Apr 2020 13:01 WIB
umrah

Nikmatnya Berangkat Umroh Sekeluarga Dari Prancis

Nikmatnya berangkat umrah sekeluarga dari Prancis.

Dini Kusmana Massabuau ketika umrah sekeluarga dari Prancis.
Foto:

 Jauh berbeda harganya bila kami yang mengurus sendiri. Karena ketika kami mencoba cara pribadi, pesawat saja sudah mencapai hampir 1000 euros/pp (dari Marseille ke Madinah). Belum hotel, transportasi, dan biaya guide dan tentunya soal visa yang sulit didapatkan jika dari Perancis.

 

Waktu itu kami memberikan uang muka sebesar 1000 euros sebagai tanda bukti untuk kami berempat. Pria di travel memberikan kami buku kuning yaitu buku vaksin, petunjuk menjalankan umroh dan pedoman lainnya yang akan kami butuhkan nantinya.

 

Surat-surat semua mereka yang akan atur sekitar 10 hingga 15 hari sebelum keberangkatkan kami umroh.

 

Nah di sinilah kami bersyukur menggunakan travel rekomendasi teman. Hingga awal Desember, kami menayakan terus kapan kami harus membayar penuh, jawaban selalu, nanti ketika harga pasti sudah bisa kami berikan. Berhubung ternyata semua tergantung juga kepada banyaknya jumlah jamaah dan biaya pesawat.

 

Selama menunggu kepastian, kami melaksanakan kewajiban kami yaitu divaksin sesuai dengan ketentuan peraturan negara setempat. Berikut syarat yang diminta oleh travel umroh:

 

-Dua foto identitas berwarna dengan latar putih

-Pasport berlaku hingga 6 bulan

-Carte de résident (ktp) bagi orang asing.

-Vaksin A + C + YW135, ini bisa dilakukan di vaksin center di kota tinggal

-Buku nikah atau Livret de famille atau akte nikah

-Bagi mualaf dibutuhkan sura sertifikat islam, bila tidak ada, pihak travel akan membantu pembuatannya.

-Semuanya bisa dikirimkan via Chronopost.

 

Jangan heran atau kaget bila kita menerima email yang menyatakan jika adanya kenaikan harga. Hal ini dikarenakan akibat fluktuasi harga dari berbagai faktor. Namun harga pasti akan diberikan setelah penutupan pendaftaran dan negosiasi travel dengan berbagai hal selesai.

 

Jangan juga cemas, karena mendekati keberangkatan bagi yang tidak tinggal satu kota dengan travel belum juga mendapatkan surat-surat atau tiket untuk keperluan umroh. Karena biasanya, seperti kami yang berangkat dari Montpellier, pesawat kami yaitu Turkish Airlines, penerbangan dari kota Marseille. Dan kami pada hari H berangkat belum mendapatkan apapun sebagai bukti perjalanan untuk keperluan umroh.

 

                      *****

 

Di Marseille atau kota keberangkatan dari Perancislah nanti akan ada orang yang memberikan segala surat, pasport dan kepentingan lainnya yang akan dibutuhkan guna perjalanan umroh.

 

Adapun biaya akhir dari biaya kami adalah 5600 euros untuk berempat. Paket confort yang kami ambil. Dan saran saya sebaiknya mengambil paket ini karena hanya berbeda biasanya 100 hingga 200 euros/orang dengan paket ekonomi, namun hotel dan jarak menuju ke Mesjid dan Kabah sangatlah berbeda. Kenyamanan juga sangat mencolok dari segi penginapan.

 

Dan berangkatlah kami saat itu pada 27 Desember 2017. Kebahagiaan dan haru saat itu rasanya tak terbendung, melihat suami dan kedua anak kami begitu bersemangat datang ke rumah Allah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement