Senin 12 Oct 2020 06:27 WIB

Wawancara Pangeran Yang menghebohkan Timur Tengah (Bagian I)

Wawancara Mantan Dubes Arab Suadi untuk AS yang menghebohkan Timur Tengah dan Israel

Pangeran Bandar bin Sultan, mantan dubes Arab Saudi untuk AS.
Foto:

Kejutan lainnya menyusul ketika kami melihat pemuda-pemuda yang tertipu di Nablus menari dengan gembira dalam perayaan serangan rudal di Riyadh, sambil memegang foto-foto Saddam Hussein. Insiden-insiden ini tidak bisa dilupakan, tetapi kami bangkit mengatasinya, bukan demi para pemimpin Palestina, tetapi untuk rakyat Palestina.

Sejak tahun 2011 hingga saat ini, tetangga kami yang terkasih, Mesir, dan para pemimpin Mesir, dari masa Hosni Mubarak, semoga Tuhan mengistirahatkan jiwanya, kepada Yang Mulia Presiden Sisi, telah mengadakan konferensi demi konferensi untuk mendamaikan Tepi Barat dan Gaza, dan Otoritas Palestina dan Hamas. Bagaimana ini bisa terjadi? Bagaimana kita bisa berbicara atas nama seluruh Palestina, dan meyakinkan orang lain untuk mendukung tujuan kita, ketika kita sendiri tidak bersatu, dan ketika orang-orang Palestina terbagi di antara mereka sendiri? Namun, sejarah berulang dengan sendirinya dan fakta-fakta sulit untuk diabaikan. Ini bukan pertama kalinya mereka tidak setuju, saling menikam dari belakang, dan menuduh satu sama lain sebagai pengkhianat.

Raja Abdullah, semoga dia beristirahat dengan damai, sementara Pangeran Sultan adalah Putra Mahkota, membawa Abu Mazen (Yaser Arafat) dan para pengikutnya, dan Khaled Mashal dan pengikut Hamasnya, ke Makkah untuk mendamaikan mereka dan membentuk kepemimpinan Palestina yang bersatu untuk mencapai hasil yang positif. Mereka menginap di kediaman resmi para tamu di Makkah. Bayangkan ini: Delegasi Saudi, dipimpin oleh mendiang Pangeran Saud bin Faisal, dan anggotanya: Pangeran Muqrin, almarhum Ghazi Al Gosaibi, Bapak Ibrahim Al-Assaf dan saya sendiri. Kami bolak-balik, mengunjungi Abu Mazen dan kelompoknya di satu sisi dan delegasi Hamas di sisi lain. Tapi kunjungan kami tidak seperti [mantan Menteri Luar Negeri AS Henry] Kissinger antara Damaskus dan Tel Aviv atau Kairo dan Tel Aviv, kami naik turun di antara lantai dua belas dan empat belas hotel. Butuh satu setengah hari hingga kami bisa mencapai kesepakatan yang memuaskan kedua belah pihak.

Kemudian, mereka pergi menemui Raja Abdullah. Setelah dia memeriksa apa yang telah mereka tulis dan membacanya di depan semua orang dan meminta mereka untuk bersumpah di hadapan Tuhan dan di depan semua orang bahwa mereka menyetujui kesepakatan ini, dia meminta mereka untuk berjabat tangan dan memberi selamat kepada mereka, dengan mengatakan, “Tuhan adalah saksi kami , dan kita berada di tanah sucinya. Saud, bawa saudara-saudara ke Ka'bah dan biarkan mereka bersumpah di hadapan Tuhan dan di hadapan rakyat Palestina. "

Hanya beberapa hari setelah mereka meninggalkan Arab Saudi, kami menerima kabar bahwa mereka telah menarik kembali kata-kata mereka dan mulai bersekongkol dan bersekongkol melawan satu sama lain sekali lagi.

Saya percaya bahwa kami di Arab Saudi, bertindak atas niat baik kami, selalu ada untuk mereka. Kapanpun mereka meminta nasihat dan bantuan, kami akan memberi mereka berdua tanpa mengharapkan imbalan apa pun, tetapi mereka akan menerima bantuan dan mengabaikan nasihat itu. Kemudian mereka akan gagal dan kembali kepada kami lagi, dan kami akan mendukung mereka lagi, terlepas dari kesalahan mereka dan fakta bahwa mereka tahu mereka seharusnya mengikuti nasihat kami. Kami bahkan melangkah lebih jauh sebagai sebuah negara dan membenarkan kepada seluruh dunia tindakan orang-orang Palestina, sementara kami tahu bahwa mereka, memang, tidak dibenarkan, tetapi kami tidak ingin berdiri dengan siapa pun melawan mereka, kami juga tidak ingin melihat konsekuensi dari tindakan mereka tercermin pada rakyat Palestina. Ini selalu menjadi kebijakan kepemimpinan Saudi.

Saya pikir ini telah menciptakan rasa ketidakpedulian di pihak mereka, dan mereka menjadi yakin bahwa tidak ada harga yang harus dibayar untuk setiap kesalahan yang mereka lakukan terhadap kepemimpinan Saudi atau negara Saudi, atau kepemimpinan dan negara Teluk.

Saya pikir keadaan dan waktu telah berubah, dan saya pikir adil bagi rakyat Palestina untuk mengetahui beberapa kebenaran yang belum dibahas atau telah disembunyikan.

Siapakah sekutu Palestina sekarang? Apakah Iran, yang menggunakan perjuangan Palestina sebagai dalih dengan mengorbankan rakyat Palestina? Apakah Iran dan Khomeini, yang ingin membebaskan Yerusalem melalui Yaman, Lebanon, dan Suriah? Jalan ke Yerusalem diketahui, yaitu jika mereka benar-benar ingin mengambilnya. Ataukah Turki, yang telah disyukuri oleh para pemimpin Hamas atas pendiriannya dalam mendukung Hamas dan perjuangan Palestina? Itu hanya karena Erdogan mengumumkan bahwa dia menarik duta besarnya dari UEA untuk mendukung perjuangan Palestina.

Adakah yang bisa menjelaskan kepada saya mengapa para pemimpin Hamas, alih-alih meminta Erdogan untuk menarik duta besar Turki dari UEA dan membayar untuk menerbangkannya kembali ke rumah, mengapa mereka tidak memintanya untuk mengusir duta besar Israel dari Ankara dan memanggil kembali duta besar Turki dari Telp. Aviv?

Orang-orang ini, seperti yang telah saya katakan sebelumnya, merasa kecewa, dan dalam perkataan Tuhan Yang Maha Kuasa yang tak terbantahkan: “Sungguh, Allah tidak akan mengubah kondisi suatu orang sampai mereka mengubah apa yang ada di dalam diri mereka.” Sejauh ini, mereka tidak diragukan lagi adalah alasan utama di balik kemunduran yang dihadapi Palestina.

Pada tahun 1939, Mandat Inggris memutuskan untuk mengadakan konferensi di London dan mengundang orang-orang Yahudi yang berada di Palestina, bersama dengan pimpinan Palestina dan beberapa negara Arab, termasuk Saudi Arabia.

Pada tahun 1945, tak lama sebelum berakhirnya Perang Dunia II, almarhum Raja Abdulaziz bertemu dengan mendiang Presiden Roosevelt, dan perjuangan Palestina menyita banyak diskusi. Ini terjadi pada bulan Februari 1945. Beberapa minggu kemudian, pada bulan Maret 1945, Raja Abdulaziz mengirim surat yang panjang kepada Presiden Roosevelt untuk menuliskan apa yang telah dia katakan kepadanya secara lisan, dan untuk mendapatkan jawaban. Presiden Roosevelt menjawab. Semua dokumen ini ada, dan saya menyajikannya kepada warga negara Saudi untuk memberi tahu mereka tentang bagaimana sikap Arab Saudi terhadap Palestina terbentuk sebelum semua peristiwa yang terjadi.

Dua peristiwa lagi terjadi pada tahun 1945. Yang pertama adalah pendirian Liga Negara-negara Arab dengan lima atau enam anggota, termasuk Arab Saudi.

Pembaca berita: "Untuk meletakkan dasar bagi negara Islam alternatif untuk kekhalifahan Ottoman."

Yang kedua adalah berdirinya Perserikatan Bangsa-Bangsa setelah berakhirnya Perang Dunia II. Dari tahun 1945 hingga 1947, Inggris memutuskan untuk menarik dan mengakhiri Mandat di Palestina. Mereka mulai mencoba menemukan kompromi antara orang Yahudi dan Palestina, yang akan didukung oleh orang Arab untuk membawa ketenangan ke wilayah tersebut. Mereka tidak dapat mencapai solusi yang disetujui semua pihak. Jadi, mereka menggunakan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang baru dibentuk dua tahun sebelumnya. Saat itu, Dewan Keamanan terdiri dari AS, Uni Soviet, Prancis, dan Inggris. Anggota tetap memiliki kekuatan untuk menegakkan keputusan apa pun yang mereka buat, dan hak veto mereka mutlak. Mereka memberikan suara pada resolusi partisi 181, dan sejak saat itu, cara tertentu untuk menangani peristiwa yang terkait dengan masalah Palestina mulai terbentuk dan diulang berkali-kali.

Delegasi Yahudi dibagi menjadi dua bagian. Satu bagian secara resmi menyetujui resolusi tersebut, karena akan membentuk dua negara di Palestina, satu Palestina dan satu Yahudi. Itu bukanlah resolusi yang akan sepenuhnya menjamin hak-hak Palestina, tetapi akan menetapkan dua negara yang diakui secara internasional untuk menjadi anggota Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Bagian kedua dari delegasi Yahudi menolak Resolusi 181 dan berencana untuk terus melakukan operasi teroris dan subversif terhadap warga Palestina. Kedua kelompok itu sepakat, dan salah satu dari mereka menerima resolusi tersebut dan sebagai hasilnya, Negara Yahudi bernama Israel diakui, yang menjadi Anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa. Adapun pihak Arab, Palestina menolak resolusi tersebut, dan seperti biasa, kami mendukung penolakan mereka.

Bertahun-tahun kemudian, tuntutan utama saudara-saudara Palestina kita adalah resolusi PBB 181, yang tidak lagi dibahas. Tidak ada yang membahasnya sekarang. Ini adalah permulaan, dan kejadian seperti itu, seperti yang saya sebutkan, diulangi sekali, dua kali, dan tiga kali.

Kemudian, perang tahun 1948 terjadi akibat tercekiknya rakyat Palestina, dan negara-negara Liga Arab memutuskan untuk membantu mereka.

Raja Abdulaziz memiliki nasihat khusus kepada saudara-saudara di Liga Arab berdasarkan dua poin:

Poin pertama adalah bahwa negara-negara Arab yang bertetangga dengan Palestina tidak boleh membiarkan orang Palestina berimigrasi. Warga Palestina harus tetap di tanah mereka karena jika mereka berimigrasi, mereka akan berakhir di kamp-kamp pengungsi. Raja Abdulaziz percaya bahwa bahkan jika ada kebutuhan akan kamp, ​​mereka harus berada di tanah Palestina, bukan di tempat lain, dan sejarah telah membuktikan bahwa pendapatnya benar. Sekarang, Mesir, Suriah, Lebanon, dan Yordania penuh dengan kamp pengungsi. Bagaimana jika kamp pengungsi ini berada di dalam Palestina? Bayangkan betapa berbedanya situasi di negara ini dari waktu ke waktu.

Poin kedua di mana Raja Abdulaziz, Tuhan mengistirahatkan jiwanya, berdasarkan pendapatnya adalah bahwa negara-negara Arab memiliki kewajiban untuk mendukung orang-orang Palestina di rumah dengan uang dan senjata, dan untuk membuka pintu bagi warganya yang ingin bergabung dengan perlawanan. Ini sebagai upaya untuk mendorong imigrasi Arab ke Palestina mirip dengan imigrasi Yahudi ke Palestina.

Kedua poin itu ditolak. Karena Kerajaan Arab Saudi berprinsip bahwa Tuhan berdiri dengan mereka yang bersatu, dan mereka yang berdiri terpisah pasti gagal, kami mengikuti mereka ke jalan yang tragis ini dan keputusan mereka membawa semua orang ke dalam api.

Antara 1948 dan 1956, dua anggota tetap Dewan Keamanan yang kuat, Inggris dan Prancis, dan kekuatan ketiga adalah Israel, memimpin agresi tripartit melawan Mesir. Agresi gagal karena dua alasan.

Alasan pertama adalah bahwa AS dan Presiden Eisenhower menolak agresi ini dan menuntut penarikan pasukan penyerang dan penghentian serangan. Uni Soviet memiliki sikap yang sama, jadi para penyerang tidak punya pilihan selain mundur.

Alasan kedua adalah perlawanan nasional Mesir di dalam negeri. Presiden Abdel Nasser, Tuhan istirahatkan jiwanya, memilih untuk mendukung perlawanan di kota-kota Canal, daripada mendorong tentara Mesir ke dalam perang yang tidak seimbang melawan dua negara adidaya.

Sepotong informasi yang sering diabaikan adalah bahwa akibat dari Agresi Tripartit dan pendudukan Terusan Suez oleh Prancis dan Inggris adalah Israel menduduki seluruh Sinai. Inggris dan Prancis mundur, dan Israel bersikeras bahwa mereka hanya akan mundur dengan harga tertentu. Apa yang dituntutnya? Pertama, mencabut embargo yang diberlakukan oleh negara-negara Arab, khususnya Mesir sebagai negara terbesar, dan pembukaan Teluk Aqaba sehingga kapal dapat bergerak dari dan ke pelabuhan Eilat Israel.

Kedua, meminta pasukan darurat internasional memantau perbatasan Mesir-Israel. Hal ini penting karena salah satu percikan yang memicu perang tahun 1967, selain niat Israel untuk melakukan perang habis-habisan, adalah ketika Mesir menutup Teluk Aqaba dan pasukan darurat ditarik. Hasilnya adalah Perang Enam Hari, yang merupakan bencana besar bagi bangsa Arab dan Mesir, khususnya, serta rakyat Palestina dan perjuangan mereka.

Mengapa Nakba tahun 1967 terjadi? Karena Presiden Abdel Nasser, Tuhan istirahatkan jiwanya, membuat keputusan strategis yang didasarkan pada informasi yang tidak akurat atau tidak benar dari pimpinan militer yang ada saat itu. Dia memiliki gagasan yang tidak akurat tentang situasi pasukannya di lapangan. Hasil dari itu diketahui. Hasil tahun 1967: Sinai diduduki oleh Israel, Gaza diduduki oleh Israel, Tepi Barat diduduki oleh Israel, Golan diduduki oleh Israel dan yang terpenting, Yerusalem hilang. Jadi, jika ini bukan bencana sejarah dan kekalahan yang mengerikan dalam segala hal, maka saya tidak tahu apa itu. Namun, Abdel Nasser, semoga Tuhan mengampuni jiwanya, sejak Perang Enam Hari berakhir hingga ia meninggal pada tahun 1970, melakukan dua hal:

Yang pertama adalah dia melakukan segala daya untuk membangun kembali militer Mesir.

Hal kedua adalah upaya yang dia lakukan untuk menyelamatkan orang-orang Palestina dari diri mereka sendiri, karena orang-orang Palestina sebagian besar hadir di Yordania, dengan kepemimpinan Abu Ammar (Yaser Arafat) yang berbasis di sana, dan mereka memutuskan karena satu dan lain alasan bahwa sudah waktunya untuk membebaskan bukan Palestina, tetapi Yordania. Mereka memutuskan untuk mengambil alih Yordania. Di antara mereka yang membela Yordania adalah Raja, tentara Yordania, rakyat Yordania, dan tentara Saudi. Ya, tentara Saudi, yang telah berpartisipasi dalam semua perang Palestina-Arab dengan Israel.

Pada tahun 1948, meskipun kami menyarankan bahwa lebih baik bagi orang-orang Palestina untuk tetap tinggal di tanah mereka sementara kami memberi mereka senjata, uang, dan pasukan; itu tidak terjadi. Mereka memutuskan untuk pergi berperang dan Raja Abdulaziz memerintahkan Tentara Saudi untuk berperang dengan mereka di front Mesir. Bertempur bersama saudara Mesir mereka, Tentara Saudi memasuki tanah Palestina dan melakukannya dengan sangat baik. Para pemimpin Mesir juga memuji keberanian mereka saat itu.

Tiga ribu tentara Saudi berada di garis depan Mesir dan di dalam Palestina. Dalam perang ini, 150 orang Saudi menjadi martir. Pada saat itu, tentara Saudi baru saja dibentuk dan memiliki kemampuan terbatas, tetapi pasukan yang telah diciptakan sebelumnya memiliki kemampuan terbatas juga. Akibat semua ini, warga Palestina terpaksa berimigrasi lagi dari Yordania ke Lebanon. Mereka baru beberapa tahun berada di Lebanon ketika mereka mulai berperilaku seperti yang mereka lakukan di Yordania, dan Lebanon menjadi sasaran baru. Dengan orang-orang Palestina di Lebanon, perang Palestina menyebabkan perang saudara, yang harus dibayar Lebanon hingga hari ini. Perang menghasilkan invasi Israel, dan untuk pertama kalinya, mereka mencapai ibu kota Arab.

Pada tahun 1967… meskipun pada awal 1960-an, ada ketidaksepakatan yang kuat antara Kerajaan dan Mesir mengenai Yaman, dan ketika agresi terhadap Mesir terjadi pada tahun 1967, pesawat Mesir telah menyerang Jizan dan Najran di Kerajaan dari tanah Yaman hanya beberapa minggu sebelumnya . Ketika agresi terjadi, Kerajaan menawarkan untuk mendukung Mesir dengan segala kekuatan kami. Mereka meminta kami untuk menampung unit Angkatan Udara Mesir yang berada di Yaman dan untuk beberapa pesawat yang mereka kirim ke Sudan untuk ditampung di Jeddah, dan kami setuju.

Saya ingat sebuah insiden yang menyoroti kepada warga Saudi ketika para pemimpin mereka, berbeda dengan beberapa anggota kepemimpinan Palestina yang tidak etis. Almarhum Mansour Shuaibi, komandan distrik Jeddah, menyarankan kepada Pangeran Sultan, menteri pertahanan saat itu, agar kami mengambil gambar dan merekam keberadaan pesawat Mesir di Kerajaan Arab Saudi, sehingga jika perselisihan kedua dengan Mesir terjadi, kami akan melakukannya. mempublikasikan bukti bantuan yang kami berikan kepada mereka.

Pangeran Sultan menjawab bahwa dia akan meminta Raja Faisal, Tuhan istirahatkan jiwanya. Raja Faisal sangat marah atas permintaan itu dan menolak melakukan hal seperti itu sementara saudara-saudara kita di Mesir menghadapi agresi Israel. Dia menolak untuk menertawakan dan dia memastikan Jenderal Mansour diberitahu bahwa jika ada orang yang tertangkap sedang mengambil gambar; tangannya akan dipotong. Beginilah sikap orang Saudi terhadap saudara-saudara Arab mereka.

Tentara Saudi dimobilisasi di Tabuk dan dipindahkan ke front Yordania, yang merupakan daerah terdekat dengan kami. Kami ingin membantu saudara-saudara Arab kami dalam kemampuan kami. Pada saat mereka memasuki Yordania, perang telah usai.

Raja Hussein dan Abdel Nasser meminta agar pasukan Saudi tetap di Yordania dan mereka tetap tinggal dari tahun 1967 hingga 1973. Jadi, Anda lihat, kami ambil bagian dalam setiap pertempuran. Ketika perang 1973 terjadi, Yordania mengambil keputusan berdaulat untuk tidak ikut perang. Terakhir kali memasuki perang, Tepi Barat dan Yerusalem hilang, mereka tidak ingin mengambil risiko lagi. Mesir dan Arab Saudi menghormati keputusan Raja Hussein. Raja Faisal berkata bahwa pasukan kami dapat berdiri di depan dan hanya mengamati apa yang terjadi. Dia memerintahkan agar pasukan dikirim ke Suriah.

Memang, pasukan di Yordania pergi ke Suriah dan bertempur bersama saudara-saudara Suriah mereka di front Golan dalam perang 1973 dan bentrokan sampai gencatan senjata. Pasukan Saudi tetap berada di Golan dari tahun 1973 hingga 1978 atau 1979. Kami tidak membutuhkan siapa pun untuk melindungi kami tentang membantu negara-negara Arab dan membantu menanggung beban kemalangan mereka. Kami berbagi dengan saudara-saudara kami dan membantu mereka mencapai kesuksesan bagi bangsa Arab, dan kami juga berdiri bersama mereka di masa-masa kelam mereka, melalui kata-kata maupun tindakan. Inilah yang perlu dipahami warga Saudi.

Mengapa saya mengatakan ini, dan mengapa sekarang khususnya? Karena saat ini, situasinya sudah berubah total dari dulu. Sekarang di era informasi, mayoritas penduduk dunia mendapatkan berita dari Facebook, Internet, media sosial, dan sebagainya. Tidak ada lagi yang membaca surat kabar kecuali beberapa, dan program televisi terkadang tidak jujur, dan hanya sebagai pengingat, beberapa saluran memberikan pesan yang salah dan kebencian langsung terhadap negara-negara Teluk dan para pemimpinnya, seperti Al Manar dan saluran Iran lainnya atau seperti Al-Jazeera, yang mewakili Qatar.

Qatar, sejujurnya, berada di pinggiran. Orang-orang Qatar adalah saudara-saudara kami yang tercinta. Namun, negara tidak layak disebut atau bereaksi sama sekali. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah mengabaikannya. Tentunya, Anda semua tahu bahwa mereka mengatakan kutu dapat membuat unta gila. Itu benar, tetapi saudara dan saudariku, kutu adalah kutu dan unta akan selalu menjadi unta, dan itu merangkumnya dari sudut pandang saya.

Pada tahun 1967, tidak ada pemukiman di Tepi Barat, Gaza, Golan, dan Sinai.

Pada tahun 1970, tiga tahun kemudian, ada sekitar 30.000 orang di Tepi Barat.

Pada tahun 1973, tahun Perang Ramadhan dan Perang Oktober, ada lebih dari 100.000 orang.

Pada tahun 1978, ketika perjanjian damai Camp David ditandatangani, ada sekitar 300.000, menurut berbagai sumber data.

Saat ini, ada lebih dari 600.000 pemukim.

Saat bangsa Arab bersiap untuk berperang, seperti perang di mana martabat dan kehormatan Arab dipulihkan oleh tentara Mesir, dan Mesir pergi ke Camp David, sementara itu, inisiatif Resolusi PBB 242 diajukan dan ditolak oleh Palestina. Perjanjian Camp David ditolak oleh Palestina dan Arab. Menjadi kesalahan yang berperan besar dalam memperdalam tragedi Palestina, karena bangsa Arab memboikot Mesir, ibu dunia, karena Palestina menolak ketentuan otonomi dalam Perjanjian Camp David dan menganggap perjanjian damai ini sebagai pengkhianatan kepada Arab bangsa.

Apa yang dilakukan Israel selama periode ini? Ia membangun permukiman, menduduki lebih banyak tanah, dan memperkuat diri dan tentaranya. Mereka melawan kami di semua lini, memperhatikan detail besar dan meninggalkan masalah kecil. Siapa yang peduli dengan dukungan Korea Utara? Israel sedang berupaya meningkatkan pengaruhnya, sementara orang Arab sibuk satu sama lain. Orang-orang Palestina dan para pemimpin mereka memimpin perselisihan ini di antara orang-orang Arab.

Setelah Kesepakatan Oslo, saya bertanya kepada Abu Ammar, Tuhan istirahatkan jiwanya - dan seperti yang mereka katakan ingatlah kebaikan orang mati Anda - apa pendapatnya tentang ketentuan otonomi dalam Perjanjian Camp David. Dia berkata, "Bandar, ketentuan otonomi Camp David sepuluh kali lebih baik daripada Persetujuan Oslo." Saya berkata, "Baiklah, Tuan Presiden, mengapa Anda tidak menyetujuinya?" Dia berkata, "Saya ingin, tetapi Hafez al-Assad mengancam akan membunuh saya dan membuat perpecahan di antara orang-orang Palestina, membuat mereka melawan saya." Saya berpikir sendiri, jadi dia bisa saja menjadi seorang martir dan memberikan hidupnya untuk menyelamatkan jutaan orang Palestina, tapi itu seperti yang dikehendaki Tuhan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement