Senin 15 Feb 2021 13:03 WIB

Hari Masyhur Dipakai Nabi Muhammad Kunjungi Masjid Quba

Nabi Muhammad gunakan hari mahsyur kunjungi Masjid Quba.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Hari Masyhur Dipakai Nabi Muhammad Kunjungi Masjid Quba. Foto:  Masjid Quba
Foto: Republika TV/Syahruddin El-Fikri
Hari Masyhur Dipakai Nabi Muhammad Kunjungi Masjid Quba. Foto: Masjid Quba

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Imam Nawawi rah.a menuliskan bahwa sangat mustahab ziarah Masjid Quba. Dan yang paling utama jika ingin berkunjung ke Masjid Quba yakni pada hari Sabtu dengan niat menziarahinya dan untuk mengerjakan salat di dalamnya.

"Karena di dalam Shahih Tirmidzi dan yang lainnya terdapat Hadits Shahih yang menyatakan bahwa mengerjakan sholat di Masjid Quba sama dengan mengerjakan umroh," kata Imam Nawawi seperti dikutip dalam kitab Fadhilah Haji karangan Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al-Kandahlawi rah.a.

Baca Juga

Disebutkan di dalam hadits yang lain bahwa Rasulullah SAW mengunjungi Masjid Quba setiap hari Sabtu. Katanya Mula Ali Qara. rah.a menulis bahwa setelah Masjidil Haram  Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsa, yang paling utama di antara masjid-masjid adalah Masjid Quba. 

Bahkan di dalam sebuah hadits yang lain dinyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda.

 

"Mengerjakan sholat dua rakaat di Masjid Quba lebih aku sukai dari pada pergi dua kali ke Masjidil Aqsa."

Akan tetapi kata Imam Nawawi dari riwayat-riwayat yang masyhur diketahui bahwa Masjidil Aqsa lebih utama daripada masjid Quba. Bisa juga diartikan bahwa keutamaan dan kemustahabannya itu adalah hal yang berlainan.

"Kebiasaan Rasulullah SAW adalah mengunjunginya pada hari Sabtu, pernah beliau mengunjunginya pada hari Senin, juga ada riwayat yang menyebutkan bahwa beliau datang ke Masjid Quba tanggal 20 Ramadan pada waktu subuh."

 

Cek Typo

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement